Pemanfaatan Media Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan dan Minuman Halal Haram
Utilization of Used Goods Media to Increase Motivation and Student Learning Outcomes on Halal Haram Food and Beverage Materials
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4891Keywords:
Media barang bekas, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian Tindakan kelas dilakukan, memperbaiki pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Palangka Raya pada Materi Makanan dan Inuman Halal Haram, dengan tujuan: (1) melakukan perbaikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara bebas mendalam. Hasil penelitian diperoleh: (1) peningkatan motivasi belajar pada materi makanan dan minuman halal haram sebelum diterapkan strategi pembelajaran dengan pemanfaatan barang bekas, dari pra tindakan yaitu sangat baik 16.67%, baik 25%, cukup 25%, kurang 33%, pada siklus I menjadi 50% sangat baik, 29.17% baik, 20.83% cukup dan kategori kurang tidak ada. Sedangkan pada siklus II untuk ketegori sangat baik naik menjadi 58.33%, kategori baik 37.50%, kategori cukup 4.17% dan kategori kurang tidak ada. (2) hasil belajar materi makanan dan minuman halal haram menunjukkan peningkatan terlihat dari pra tindakan untuk kategori sangat baik tidak ada kategori baik 20.8%, cukup 25%, kategori kurang 54.16%. Pada siklus I kategori sangat baik yaitu 45.83%, kategori baik 29.17%, kategori cukup 20.83% serta kategori kurang 4.17%. Pada siklus II kategori sangat baik yaitu 50%, kategori baik 41.7%, kategori cukup 8.33% serta kategori kurang tidak ada, artinya pembelajaran dengan penerapan pemanfaatan barang bekas efektif untuk materi makanan dan minuman yang halal dan haram.
Downloads
References
Abdul Rahman Shaleh, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2005.
Asis Saefudin dan Ika Berdiati, Pembelajaran Efektif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Asrorul Mais, Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Jember Jawa Timur, CV. Pustaka Abadim Anggota IKAPI, 2018.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, cet ke III, 2006
Edy Syahputra, 2020 Snowbal Trowing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar Suka Bumi, Haura Publishing.
Moh. Suardi, Belajar dan Pembelajaran, Yokyakarta, Deepublish, 2018.
M. Syamsidi, Imam Hanafi Soemarno, Pengelolaan dan Pemanfaatan Air Baku, Malang; Universitas Brawijaya Press, 2013.
Muhammad Yaumi, Media dan Tekhnologi Pembelajaran, Jakarta, Prenada Media Group, 2018.
Nizwardi Jalinus, Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, PT. Kencana, 2016.
Rudi Susilana, Cepi Riyana, Media Pembelajaran, Bandung, CV. Wacana Prima 2009.
Rasimin, dkk. Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Trust Media Publishing. 2012.
Soerna Dwi Lestari, Kreasi Barang Bekas, Jawa Timur, PT. Balai Pustaka, 2012.
Sadirman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Sri Esti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2004.
Sudjana Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo, 2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edi Maryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License