Pemanfaatan Media Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan dan Minuman Halal Haram

Utilization of Used Goods Media to Increase Motivation and Student Learning Outcomes on Halal Haram Food and Beverage Materials

Authors

  • Edi Maryanto SMP Negeri 4 Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4891

Keywords:

Media barang bekas, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian Tindakan kelas dilakukan, memperbaiki pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Palangka Raya pada Materi Makanan dan Inuman Halal Haram, dengan tujuan: (1) melakukan perbaikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; (2)  meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara bebas mendalam. Hasil penelitian diperoleh:  (1) peningkatan motivasi belajar pada materi makanan dan minuman halal haram sebelum diterapkan strategi pembelajaran dengan pemanfaatan barang bekas, dari pra tindakan yaitu sangat baik 16.67%, baik 25%, cukup 25%, kurang 33%, pada siklus I menjadi 50% sangat baik, 29.17% baik, 20.83% cukup dan kategori kurang tidak ada. Sedangkan pada  siklus II untuk ketegori sangat baik naik menjadi 58.33%, kategori baik 37.50%, kategori cukup 4.17% dan kategori kurang tidak ada. (2) hasil belajar materi makanan dan minuman halal haram menunjukkan peningkatan terlihat dari pra tindakan untuk kategori sangat baik  tidak ada kategori baik 20.8%, cukup 25%, kategori kurang 54.16%. Pada siklus I kategori sangat baik yaitu 45.83%, kategori baik  29.17%, kategori cukup 20.83% serta kategori kurang 4.17%. Pada siklus II kategori sangat baik yaitu 50%, kategori baik  41.7%, kategori cukup 8.33% serta kategori kurang tidak ada, artinya pembelajaran dengan penerapan pemanfaatan barang bekas efektif untuk materi makanan dan minuman yang halal dan haram.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Edi Maryanto, SMP Negeri 4 Palangka Raya

References

Abdul Rahman Shaleh, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2005.

Asis Saefudin dan Ika Berdiati, Pembelajaran Efektif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Asrorul Mais, Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Jember Jawa Timur, CV. Pustaka Abadim Anggota IKAPI, 2018.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, cet ke III, 2006

Edy Syahputra, 2020 Snowbal Trowing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar Suka Bumi, Haura Publishing.

Moh. Suardi, Belajar dan Pembelajaran, Yokyakarta, Deepublish, 2018.

M. Syamsidi, Imam Hanafi Soemarno, Pengelolaan dan Pemanfaatan Air Baku, Malang; Universitas Brawijaya Press, 2013.

Muhammad Yaumi, Media dan Tekhnologi Pembelajaran, Jakarta, Prenada Media Group, 2018.

Nizwardi Jalinus, Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, PT. Kencana, 2016.

Rudi Susilana, Cepi Riyana, Media Pembelajaran, Bandung, CV. Wacana Prima 2009.

Rasimin, dkk. Media Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Trust Media Publishing. 2012.

Soerna Dwi Lestari, Kreasi Barang Bekas, Jawa Timur, PT. Balai Pustaka, 2012.

Sadirman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Sri Esti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2004.

Sudjana Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo, 2006.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Maryanto, E. (2023). Pemanfaatan Media Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan dan Minuman Halal Haram : Utilization of Used Goods Media to Increase Motivation and Student Learning Outcomes on Halal Haram Food and Beverage Materials. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 116–133. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4891