Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Mengajar Melalui Penerapan Pengkondisian Operan di SMP Negeri 1 Jenamas Kabupaten Barito Selatan
Improving Teacher Discipline in Teaching Through the Implementation of Operant Conditioning at Jenamas 1 Public Middle School, South Barito Regency
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5426Keywords:
disiplin guru, kehadiran mengajar, reward and punishmentAbstract
Peningkatan mutu pembelajaran di sekolah bergantung pada banyak faktor. Unsur yang sangat penting adalah terwujudnya budaya sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu. Budaya sekolah merupakan budaya positif yang harus dipelihara dan dipraktikkan oleh setiap orang di sekolah tanpa ada paksaan. Salah satu budaya sekolah yang perlu dipupuk adalah masalah kedisiplinan, termasuk kedisiplinan guru ketika hadir di kelas pada saat proses belajar mengajar. Berbagai inisiatif dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan guru. Dalam penelitian Tindakan sekolah ini dilakukan tindakan berupa reward dan punishment kepada guru SMP Negeri 1 Jenamas Kabupaten Ballito Selatan. Subyek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Jenamas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Temuan dan analisis data menunjukkan bahwa pada Siklus 2, kedisiplinan guru dalam menghadiri kelas selama proses belajar mengajar meningkat dan mencapai 75% dari target yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antar guru pada dua siklus yang peneliti laksanakan. Analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat keterlambatan partisipasi guru dalam pembelajaran akibat hukuman dan penghargaan terus meningkat.Downloads
References
Karya (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas
Fatchurahman, M., Setiawan, M. A., & Karyanti, K. (2023). Intervention group logotherapy and performance measures for reducing phubbing in Generation Z. Estudos de Psicologia (Campinas), 40, e200244.
Mardiana, D., Teguh Supriyanto, R., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa: History Teacher’s Perception Of The Existence Of The Balanga Museum Related To History Learning In Sma Negeri 4 Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519
Megawangi, Ratna. (2007). Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Jakarta:Indonesian Heritage Foundation
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Syamsul Hadi, (2009). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan pada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Nurul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License