Analisis Kesulitan Pemahaman Tanda Baca Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 3 Menteng Palangkaraya

Analysis Of Difficulty Understanding Students in Class IV At SDN 3 Menteng Palangkaraya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5436

Keywords:

Kesulitan, Tanda baca, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman tentang tanda baca peserta peserta didik pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 3 Menteng Palangka Raya. Subjek atau informasi dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru kelas IV, dan kepala sekolah, jumlah informasi dalam penelitian ini yaitu 13 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan pemahaman tentang tanda baca kepada peserta didik kelas IV SDN 3 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2022/2023 terdeksripsikan oleh beberapa hal yaitu: 1) kurang teliti, 2) tidak dapat membedakan tanda baca, 3) tidak peduli, 4) kesulitan menggunakan tanda baca pada saat menulis dan membaca,5) tidak sering diajarkan atau diingatkan kembali. Oleh sebab itu peserta didik masih mengalami kesulitan memahami tentang tanda baca pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman tentang tanda baca peserta peserta didik pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 3 Menteng Palangka Raya. Subjek atau informasi dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru kelas IV, dan kepala sekolah, jumlah informasi dalam penelitian ini yaitu 13 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan pemahaman tentang tanda baca kepada peserta didik kelas IV SDN 3 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2022/2023 terdeksripsikan oleh beberapa hal yaitu: 1) kurang teliti, 2) tidak dapat membedakan tanda baca, 3) tidak peduli, 4) kesulitan menggunakan tanda baca pada saat menulis dan membaca,5) tidak sering diajarkan atau diingatkan kembali. Oleh sebab itu peserta didik masih mengalami kesulitan memahami tentang tanda baca pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alpian Sapari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Tazkiyatunnafs Elhawwa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Dewi, Lisa Septi. (2020). Bahasa Indonesia SD 2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Guepedia.

Hartina Ayu. (2020). Analisis Penulisan Tanda Baca, Huruf Kapital, Dan Kata Tidak Baku Pada Karangan Siswa Kelas VII F Smp Negeri 2 Banyudono. Applied Microbiology and Biotechnology, 2507(1), 1–9.

Mariyana, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas IX D Smp Negeri 5 Banjarmasin: Improving the Ability to Write Inspirational Story Texts Through the Application of the Think-Talk-Write Cooperative Learning Model in Class IX D Students of SMP Negeri 5 Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3344

Novrila. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Proposal Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau. 5(3), 248–253.

Ristinae, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi: Efforts to Improve Writing and Reading Skills for Second Grade Students of SDN 3 Steps Through Singing Learning Model. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 46–55. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3349

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2017.

Syarifuddin, Y. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yuwono, D. T., Juhairiah, S., & Verawati, V. (2022). Pelatihan Pembuatan E-Modul Dengan Flipbook Bagi Guru-Guru Di Slbn-2 Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 8(2).

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Sapari, A., & Elhawwa, T. (2023). Analisis Kesulitan Pemahaman Tanda Baca Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 3 Menteng Palangkaraya: Analysis Of Difficulty Understanding Students in Class IV At SDN 3 Menteng Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 170–174. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5436