Analisis Kesulitan Pemahaman Tanda Baca Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 3 Menteng Palangkaraya
Analysis Of Difficulty Understanding Students in Class IV At SDN 3 Menteng Palangkaraya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5436Keywords:
Kesulitan, Tanda baca, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman tentang tanda baca peserta peserta didik pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 3 Menteng Palangka Raya. Subjek atau informasi dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru kelas IV, dan kepala sekolah, jumlah informasi dalam penelitian ini yaitu 13 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan pemahaman tentang tanda baca kepada peserta didik kelas IV SDN 3 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2022/2023 terdeksripsikan oleh beberapa hal yaitu: 1) kurang teliti, 2) tidak dapat membedakan tanda baca, 3) tidak peduli, 4) kesulitan menggunakan tanda baca pada saat menulis dan membaca,5) tidak sering diajarkan atau diingatkan kembali. Oleh sebab itu peserta didik masih mengalami kesulitan memahami tentang tanda baca pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman tentang tanda baca peserta peserta didik pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 3 Menteng Palangka Raya. Subjek atau informasi dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru kelas IV, dan kepala sekolah, jumlah informasi dalam penelitian ini yaitu 13 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan pemahaman tentang tanda baca kepada peserta didik kelas IV SDN 3 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2022/2023 terdeksripsikan oleh beberapa hal yaitu: 1) kurang teliti, 2) tidak dapat membedakan tanda baca, 3) tidak peduli, 4) kesulitan menggunakan tanda baca pada saat menulis dan membaca,5) tidak sering diajarkan atau diingatkan kembali. Oleh sebab itu peserta didik masih mengalami kesulitan memahami tentang tanda baca pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Downloads
References
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.
Dewi, Lisa Septi. (2020). Bahasa Indonesia SD 2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Guepedia.
Hartina Ayu. (2020). Analisis Penulisan Tanda Baca, Huruf Kapital, Dan Kata Tidak Baku Pada Karangan Siswa Kelas VII F Smp Negeri 2 Banyudono. Applied Microbiology and Biotechnology, 2507(1), 1–9.
Mariyana, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas IX D Smp Negeri 5 Banjarmasin: Improving the Ability to Write Inspirational Story Texts Through the Application of the Think-Talk-Write Cooperative Learning Model in Class IX D Students of SMP Negeri 5 Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3344
Novrila. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Proposal Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau. 5(3), 248–253.
Ristinae, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi: Efforts to Improve Writing and Reading Skills for Second Grade Students of SDN 3 Steps Through Singing Learning Model. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 46–55. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3349
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2017.
Syarifuddin, Y. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Yuwono, D. T., Juhairiah, S., & Verawati, V. (2022). Pelatihan Pembuatan E-Modul Dengan Flipbook Bagi Guru-Guru Di Slbn-2 Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alpian Sapari, Tazkiyatunnafs Elhawwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License