Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Kelas V SDN 5 Palangkaraya Melalui Kegiatan Pembelajaran Secara Luring Di Masa Covid-19

Identification of Difficulties Of Class V Students in Palangkaraya 5 State Elementary School Through Online Learning Activities in the Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5482

Keywords:

Kesulitan, Peserta Didik, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika yakni pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Palangkaraya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas V, 1 orang guru kelas V dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peserta didik cenderung mengalami kesulitan ketika belajar matematika khususnya pada materi operasi hitung campuran pada pecahan biasa yang disebabkan oleh kelemahan dalam berhitung, kesulitan dalam mentransfer pengetahuan dan pemahaman bahasa matematika yang kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Didy Murjani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fathul Zannah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arjunaita. (2020). Pendidikan di era revolusi indiustri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 179–196.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Misyanto, M., Rahmaniati, *Rita, & Pebriani, M. (2021). Analisis Manajemen Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Kelas Vb SDN 4 Menteng: Analysis Of Online Mathematics Learning Management In Class VB SDN 4 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 38–42. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2991

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78.

Riadin, A., & Monica, H. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 5 Menteng: Problems Of Online Learning Mathematics Class V At Sd Negeri 5 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 66–72. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3056

Zannah, F., & Dewi, I. S. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa PGSD UM Palangkaraya. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 105–110.

Verawati, V., & Ni'mah, N. (2022). KESULITAN MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DI ERA NEW NORMAL. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 11-20.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Murjani, D., & Zannah, F. (2023). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Kelas V SDN 5 Palangkaraya Melalui Kegiatan Pembelajaran Secara Luring Di Masa Covid-19: Identification of Difficulties Of Class V Students in Palangkaraya 5 State Elementary School Through Online Learning Activities in the Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 164–169. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5482