Melintasi Batas-Batas Bahasa Melalui Diplomasi Sastra Dan Budaya
Crossing Language Boundaries Through Literary And Cultural Diplomacy
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5538Keywords:
Bahasa , Diplomasi, Sastra, BudayaAbstract
Bahasa yang komunikatif menjadi penghubung antarnegara, diplomasi sastra dan budaya menjadi pelindung dari dinding penghalang yang memisahkan hubungan antarnegara. Diplomasi sastra dan budaya adalah jembatan yang kuat untuk meningkatkan pemahaman antarbudaya. Negara-negara harus memastikan bahwa mereka memiliki kunci yang tepat untuk membuka pintu kesepahaman dan kerja sama, yaitu kemampuan bahasa yang cukup dan memperhatikan kebijakan bahasa dan pendidikan di negara mereka. Meskipun perbedaan pandangan dan nilai budaya dapat menjadi rintangan, program-program diplomasi sastra dan budaya seperti Festival Sastra Internasional dan pertukaran pelajar, dapat menjadi bendera kehormatan bagi keanekaragaman budaya dan bahasa. Program-program ini memperkuat pemahaman antarbudaya dan hubungan antarnegara, serta membantu membangun jembatan antara budaya dan bahasa dari berbagai negara.
Downloads
References
Christy, N. A. (2020). Revitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Selama Masa Pandemi covid-19. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 1-15.
Darihastining, S., Mardiana, W., Misnawati, M., Sulistyowati, H., Rahmawati, Y., & Sujinah, S. (2023). Penerapan Berbagai Hipotesis Pemerolehan Bahasa Kedua Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 685-698.
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.
Halimah, H., Misnawati, M., Lestariningtyas, S. R., Mingvianita, Y., Sepmiatie, S., & Suryatini, R. I. (2023). Implementasi Pancasila Sebagai Entitas Dan Identitas Pendidikan Abad Ke-21 di SMAN 4 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 119-133.
Harahap, M. A. (2020). Diplomasi Sastra dan Budaya: Peran Pemerintah dalam Memperkuat Hubungan Antarnegara. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 14(2), 105-118.
Jones, B. (2020). Cultural diplomacy: A strategy for improving international relations. Journal of Diplomacy and International Relations, 22(2), 1-15.
Khair, U, & Misnawati, M. (2022). Indonesian language teaching in elementary school: Cooperative learning model explicit type instructions chronological technique of events on narrative writing skills from interview texts. Linguistics and Culture Review, 6, 172-184.
Kurniawan, A. (2021). Bahasa sebagai Penghalang Hubungan Antarnegara. Jurnal Komunikasi, 12(2), 102-112.
Lee, C. (2021). The impact of cultural diplomacy on national branding: A case study of South Korea. Journal of Global Marketing, 34(3), 175-187.
Misnawati, M. (2022). Kalimat Efektif dalam Laporan Kegiatan Relawan Demokrasi Relasi Berkebutuhan Khusus pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 228-239.
Misnawati, M. P., & Anwarsani, S. P. (2000). Teori Stuktural Levi-Strauss dan Interpretatif Simbolik untuk Penelitian Sastra Lisan. GUEPEDIA.
Misnawati, M., Poerwadi, P., Nurachmana, A., Veniaty, S., Lestariningtyas, S. R., Christy, N. A., ... & Rahmawati, S. (2022). The Ekopuitika Theory. International Journal of Education and Literature, 1(1), 54-62.
Misnawati, M., Poerwadi, P., Veniaty, S., Nurachmana, A., & Cuesdeyeni, P. (2022). The Indonesian Language Learning Based on Personal Design in Improving the Language Skills for Elementary School Students. MULTICULTURAL EDUCATION, 8(02), 31-39.
Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 65-78.
Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.
Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.
Poerwadi, P., Misnawati, M., & Sari, F. M. (2023). Literary Phenomenology in Ngaju Dayak Folklore. Journal of World Science, 2(2), 261-277.
Rahman, A. (2022). Diplomasi Sastra dan Budaya dalam Memperkuat Hubungan Antarnegara. Jurnal Diplomasi Publik, 5(2), 87-96.
Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129-140.
Romadhona, D. P. W., Norliana, N., Resnawati, R., Misnawati, M., Nurachmana, A., Christy, N. A., & Mingvianita, Y. (2023). Implementasi dan Problematika Gerakan Literasi di SD Negeri 2 Palangka. Journal of Student Research, 1(1), 114-128.
Sari, D. M. (2019). Diplomasi Sastra: Studi Kasus Ubud Writers and Readers Festival. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(1), 1-10.
Smith, J. (2018). Language barriers in international relations: The role of literary and cultural diplomacy. International Journal of Humanities and Social Science Research, 6(1), 45-57.
Sulistiawati, E. (2021). Pertukaran Pelajar sebagai Diplomasi Kebudayaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 1-10.
Tanfiziah, R., Asih, I., Sukirwan, S., & Yuhana, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar: Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Online-Based Problem Learning (PBL) Model In Elementary School Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 48–54. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3685
Wiyanto, M. S., Misnawati, M., & Dwiyanti, D. R. (2022). Penerapan Strategi Penolakan dalam Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris antara Guru dan Siswa di SMK PGRI 1 Jombang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3076-3084.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Misnawati Misnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License