Melintasi Batas-Batas Bahasa Melalui Diplomasi Sastra Dan Budaya

Crossing Language Boundaries Through Literary And Cultural Diplomacy

Authors

  • Misnawati Misnawati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5538

Keywords:

Bahasa , Diplomasi, Sastra, Budaya

Abstract

Bahasa yang komunikatif menjadi penghubung antarnegara, diplomasi sastra dan budaya menjadi pelindung dari dinding penghalang yang memisahkan hubungan antarnegara. Diplomasi sastra dan budaya adalah jembatan yang kuat untuk meningkatkan pemahaman antarbudaya. Negara-negara harus memastikan bahwa mereka memiliki kunci yang tepat untuk membuka pintu kesepahaman dan kerja sama, yaitu kemampuan bahasa yang cukup dan memperhatikan kebijakan bahasa dan pendidikan di negara mereka. Meskipun perbedaan pandangan dan nilai budaya dapat menjadi rintangan, program-program diplomasi sastra dan budaya seperti Festival Sastra Internasional dan pertukaran pelajar, dapat menjadi bendera kehormatan bagi keanekaragaman budaya dan bahasa. Program-program ini memperkuat pemahaman antarbudaya dan hubungan antarnegara, serta membantu membangun jembatan antara budaya dan bahasa dari berbagai negara.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Misnawati Misnawati, Universitas Palangka Raya

References

Christy, N. A. (2020). Revitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Selama Masa Pandemi covid-19. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 1-15.

Darihastining, S., Mardiana, W., Misnawati, M., Sulistyowati, H., Rahmawati, Y., & Sujinah, S. (2023). Penerapan Berbagai Hipotesis Pemerolehan Bahasa Kedua Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 685-698.

Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.

Halimah, H., Misnawati, M., Lestariningtyas, S. R., Mingvianita, Y., Sepmiatie, S., & Suryatini, R. I. (2023). Implementasi Pancasila Sebagai Entitas Dan Identitas Pendidikan Abad Ke-21 di SMAN 4 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 119-133.

Harahap, M. A. (2020). Diplomasi Sastra dan Budaya: Peran Pemerintah dalam Memperkuat Hubungan Antarnegara. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 14(2), 105-118.

Jones, B. (2020). Cultural diplomacy: A strategy for improving international relations. Journal of Diplomacy and International Relations, 22(2), 1-15.

Khair, U, & Misnawati, M. (2022). Indonesian language teaching in elementary school: Cooperative learning model explicit type instructions chronological technique of events on narrative writing skills from interview texts. Linguistics and Culture Review, 6, 172-184.

Kurniawan, A. (2021). Bahasa sebagai Penghalang Hubungan Antarnegara. Jurnal Komunikasi, 12(2), 102-112.

Lee, C. (2021). The impact of cultural diplomacy on national branding: A case study of South Korea. Journal of Global Marketing, 34(3), 175-187.

Misnawati, M. (2022). Kalimat Efektif dalam Laporan Kegiatan Relawan Demokrasi Relasi Berkebutuhan Khusus pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 228-239.

Misnawati, M. P., & Anwarsani, S. P. (2000). Teori Stuktural Levi-Strauss dan Interpretatif Simbolik untuk Penelitian Sastra Lisan. GUEPEDIA.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Nurachmana, A., Veniaty, S., Lestariningtyas, S. R., Christy, N. A., ... & Rahmawati, S. (2022). The Ekopuitika Theory. International Journal of Education and Literature, 1(1), 54-62.

Misnawati, M., Poerwadi, P., Veniaty, S., Nurachmana, A., & Cuesdeyeni, P. (2022). The Indonesian Language Learning Based on Personal Design in Improving the Language Skills for Elementary School Students. MULTICULTURAL EDUCATION, 8(02), 31-39.

Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 65-78.

Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.

Poerwadi, P., & Misnawati, M. P. Deder dan Identitas Kultural Masyarakat Dayak Ngaju. GUEPEDIA.

Poerwadi, P., Misnawati, M., & Sari, F. M. (2023). Literary Phenomenology in Ngaju Dayak Folklore. Journal of World Science, 2(2), 261-277.

Rahman, A. (2022). Diplomasi Sastra dan Budaya dalam Memperkuat Hubungan Antarnegara. Jurnal Diplomasi Publik, 5(2), 87-96.

Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129-140.

Romadhona, D. P. W., Norliana, N., Resnawati, R., Misnawati, M., Nurachmana, A., Christy, N. A., & Mingvianita, Y. (2023). Implementasi dan Problematika Gerakan Literasi di SD Negeri 2 Palangka. Journal of Student Research, 1(1), 114-128.

Sari, D. M. (2019). Diplomasi Sastra: Studi Kasus Ubud Writers and Readers Festival. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(1), 1-10.

Smith, J. (2018). Language barriers in international relations: The role of literary and cultural diplomacy. International Journal of Humanities and Social Science Research, 6(1), 45-57.

Sulistiawati, E. (2021). Pertukaran Pelajar sebagai Diplomasi Kebudayaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 1-10.

Tanfiziah, R., Asih, I., Sukirwan, S., & Yuhana, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar: Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Online-Based Problem Learning (PBL) Model In Elementary School Students. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 48–54. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3685

Wiyanto, M. S., Misnawati, M., & Dwiyanti, D. R. (2022). Penerapan Strategi Penolakan dalam Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris antara Guru dan Siswa di SMK PGRI 1 Jombang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3076-3084.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Misnawati, M. (2023). Melintasi Batas-Batas Bahasa Melalui Diplomasi Sastra Dan Budaya: Crossing Language Boundaries Through Literary And Cultural Diplomacy. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 185–193. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5538