Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0
Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5557Keywords:
Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Era Society 5.0Abstract
Penguatan karakter siswa merupakan hasil dari proses pendidikan yang di jalani dan berperan dalam majunya peradaban suatu negara. Era disrupsi mengubah berbagai sistem dan tatanan kurikulum yang merupakan fondasi Pendidikan. Saat ini, kurikulum di Indonesia telah bertransformasi menjadi kurikulum Merdeka yang berdampingan dengan teknologi. Dalam kurikulum ini, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas, tetapi juga berkarakter sebagai wujud profil pelajar Pancasila yang mampu bersaing secara global, berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta relevansi dalam penerapan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah menelaah implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka dalam rangka menghadapi era society 5.0. Metode penelitian ini adalah library research dengan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data. Data diperoleh dari berbagai artikel, buku dan hasil observasi terbaru sebagai rujukan peneliti. Hasil penelitian ini adalah Pendidikan memiliki peran vital dalam membangun pendidikan karakter dan dimulai sejak anak berada di lingkungan terkecil yaitu “keluarga”. Selanjutnya dalam pembinaan karakter siswa di sekolah, guru memiliki posisi yang strategis sebagai aktor utama di sekolah berfungsi sebagai katalisator, inspirator, motivator, dan evaluator. Kurikulum merdeka memfasilitasi pengembangan karakter berupa aktivitas intrakurikuer, estrakurikuler, dan kokurikuler yang terintegrasi dalam pembelajaran sebagai projek penguatan profil pelajar pancasila. Implementasi kurikulum merdeka memberi ruang pada pemanfaatan teknologi salah satunya dengan platform merdeka mengajar yang memberikan berbagai fasilitas bagi guru seperti pelatihan, praktik, dan perangkat ajar yang tersedia. Dalam hal ini, penerapan kurikulum merdeka diharapkan dapat menghasilkan lulusan berkarakter yang memiliki learning skills, literacy skills, dan life skilss sebagai bentuk keterampilan abad ke-21 yang bertumpu pada empat pilar pendidikan.
Downloads
References
Ansar, -, Marzuki, K. and Tolla, I. (2019) ‘Transformation Leadership of Headmaster to Improving Teacher Learning Performance in SMP Islam Al-Azhar Makassar City’, 303, pp. 99–102. doi: 10.2991/icpeopleunnes-18.2019.20.
Asiati, S. and Hasanah, U. (2022) ‘Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak’, Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), pp. 61–72. doi: 10.54124/jlmp.v19i2.78.
Djauhari, A. (2016) ‘Education based character (akhlaq) for the next generation’, pp. 785–789.
Faizn, A., Parhan, M. and Ananda, R. (2022) ‘EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe’, Jurnal lmu Pendidikan, 4(1), pp. 1544–1550.
Halimah, L. (2020) Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di Era Globalisasi. Edited by Refika. Bandung.
Kahfi, A. (2022) ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah’, DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), pp. 138-151.
Lubaba, M. N. and Alfiansyah, I. (2022) ‘Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Sains dan Teknologi, 9(3), pp. 2022–687.
Minsih, M., Fuadi, D. and Rohmah, N. D. (2023) ‘Character Education Through an Independent Curriculum’, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), pp. 597–602. doi: 10.35445/alishlah.v15i1.2812.
Muslimin, I. (2023) ‘8.+Ikhwanul+Muslimin_23+hal+(108-130)’, 5(1), pp. 108–130.
Novita Nur ‘Inayah (2021) ‘Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo’, Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), pp. 1–13. doi: 10.56404/jels.v1i1.7.
Purna, T. H., Prakoso, C. V. and Dewi, R. S. (2023) ‘Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital’, POPULER: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), pp. 192–202.
Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, H. H. (2021) ‘Jurnal basicedu’, Jurnal basicedu, 5(4), pp. 2541–2549.
RAHAYUNINGSIH, F. (2022) ‘Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’, SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), pp. 177–187. doi: 10.51878/social.v1i3.925.
Ritonga, M. (2018) ‘Politics and Policy Dynamics of Changing the Education Curriculum in Indonesia until the Reformation Period’, Bina Gogik, 5(2), pp. 1–15.
Safitri, A., Wulandari, D. and Herlambang, Y. T. (2022) ‘Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia’, Jurnal Basicedu, 6(4), pp. 7076–7086. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3274.
Saputro, D. J. and Murdiono, M. (2020) ‘Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students’, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 7(1), pp. 460–470.
Setiyaningsih, S. and Wiryanto, W. (2022) ‘Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), pp. 3041–3052. doi: 10.58258/jime.v8i4.4095.
Susilowati, E. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), pp. 115–132. doi: 10.56436/mijose.v1i1.85.
Tirtoni, F., Su’udiyah, F. and Susilo, J. (2019) ‘Pengembangan Media Smart Exploding Box Berbasis Deep Dialogue Critical Thinking untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), p. 191. doi: 10.29407/jpdn.v5i1.13589.
Ulandari, S. and Dwi, D. (2023) ‘Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai’, 8(2), pp. 12–28.
Warsono (2022) ‘Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila’, Conference of Elementary Studies, pp. 631–640.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nikmah Sistia Eka Putri, Fatimah Setiani, Muhammad Sandy Al Fath
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License