Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Pada Kegiatan Bisnis Ekonomi Kreatif Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin

Development Of Local Wisdom-Based Interactive Learning Media For Creative Economic Business Activities Of Politeknik Negeri Banjarmasin

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5580

Keywords:

Pengembangan, Media pembelajaran, Ekonomi kreatif, Kearifan lokal

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada tahun 2022, mendapatkan hasil bahwa penerima dana hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Politeknik Negeri Banjarmasin, mayoritas tidak mengangkat atau mengambil tema kearifan lokal Kalimantan Selatan. Beberapa peserta didik atau mahasiswa juga mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apa saja kearifan lokal yang ada di Kalimantan selatan. Selebihnya, tidak adanya media pembelajaran sebagai pemantik mahasiswa untuk mengajukan dana hibah PMW berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif Berbasis Kearifan Lokal pada Kegiatan Bisnis Ekonomi Kreatif Mahasiswa di Politeknik Negeri Banjarmasin. Selebihnya, penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan, yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development & Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi, serta mahasiswa Program Studi D-IV TRPE Politeknik Negeri Banjarmasin. Prosedur pengembangan media pembelajaran terdiri dari: (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan dan implementasi, (4) tahap evaluasi. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kelayakan media pembelajaran. Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa berdasarkan ahli atau validator, aspek isi tampilan, penyajian materi, dan aspek bahasa memperoleh jumlah skor rata-rata 92%  dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian atau respon mahasiswa terhadap media pembelajaran interaktif, yaitu kriteria sangat layak dengan persentase 93,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif kegiatan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal dapat digunakan sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rully Rezki Saputra, Politeknik Negeri Banjarmasin

Helda Yuliani, Politeknik Negeri Banjarmasin

Lastaria Lastaria, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Agustien, A., V. 2014. Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Akutansi Pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akutansi. 2(2): 2.

Cahyani, Muis dan Afni Regita. 2019. Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Dinamika Perdagangan Internasional. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Damayanti, A, E, Imam, S., Happy, K., dan Resti, R. 2018. Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science an Mathematics Education. 1(1), 66.

Depdiknas Sistem. 2014. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, S. 2015. The Effect Pf Students’s Metacognition Ability to Their Reasoning by Using Realistic Mathematical Education Approach at Secondary School of Unggul Sakti Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 15(3): 171.

Moelyono, Mauled. 2010. Menggerakkan Ekonomi Kreatif Antara Tuntutan dan Kebutuhan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Najuah, Pristi, S, L. dan Winni, W. 2020. Modul Elektronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ni’mah, N. (2023). Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika: Critical Thinking Analysis Of Elementary School Teacher Education Students With Impulsive Cognitive Style In Solving Mathematical Problems. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 28–42. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4745

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rahmani, Naila Fauzia. 2014. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Pembelajaran Wayang untuk Siswa SMP Kelas VIII D.I. Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Year.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/RnD). Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember : CV Pustaka Abadi.

Sunarto, Sunaryo, dkk. 2012. Media Pembelajaran Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Utami, M., Z., Iwan, S., Eko, R., dan Elsa, V. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-alat Optik. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Malang, 347.

Wijaya, Cahya Alim, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pengendali Kecepatan dan Soft Starting Motor Listrik Berbasis Arduino Pada Mata Kuliah Penggunaan dan Pengatuan Motor. Jupiter. 2(2): 6.

Yuniati, S. 2018. Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakterkarakter Keislaman Melalui Pendekatan Kontekstual Di Provinsi Riau. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6(1), 112.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Saputra, R. R., Yuliani, H., & Lastaria, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Pada Kegiatan Bisnis Ekonomi Kreatif Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin: Development Of Local Wisdom-Based Interactive Learning Media For Creative Economic Business Activities Of Politeknik Negeri Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 175–184. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5580