Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Pada Kegiatan Bisnis Ekonomi Kreatif Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin
Development Of Local Wisdom-Based Interactive Learning Media For Creative Economic Business Activities Of Politeknik Negeri Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5580Keywords:
Pengembangan, Media pembelajaran, Ekonomi kreatif, Kearifan lokalAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada tahun 2022, mendapatkan hasil bahwa penerima dana hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Politeknik Negeri Banjarmasin, mayoritas tidak mengangkat atau mengambil tema kearifan lokal Kalimantan Selatan. Beberapa peserta didik atau mahasiswa juga mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apa saja kearifan lokal yang ada di Kalimantan selatan. Selebihnya, tidak adanya media pembelajaran sebagai pemantik mahasiswa untuk mengajukan dana hibah PMW berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif Berbasis Kearifan Lokal pada Kegiatan Bisnis Ekonomi Kreatif Mahasiswa di Politeknik Negeri Banjarmasin. Selebihnya, penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan, yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development & Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi, serta mahasiswa Program Studi D-IV TRPE Politeknik Negeri Banjarmasin. Prosedur pengembangan media pembelajaran terdiri dari: (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan dan implementasi, (4) tahap evaluasi. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kelayakan media pembelajaran. Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa berdasarkan ahli atau validator, aspek isi tampilan, penyajian materi, dan aspek bahasa memperoleh jumlah skor rata-rata 92% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian atau respon mahasiswa terhadap media pembelajaran interaktif, yaitu kriteria sangat layak dengan persentase 93,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif kegiatan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal dapat digunakan sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Agustien, A., V. 2014. Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Akutansi Pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akutansi. 2(2): 2.
Cahyani, Muis dan Afni Regita. 2019. Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Dinamika Perdagangan Internasional. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Damayanti, A, E, Imam, S., Happy, K., dan Resti, R. 2018. Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science an Mathematics Education. 1(1), 66.
Depdiknas Sistem. 2014. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dewi, S. 2015. The Effect Pf Students’s Metacognition Ability to Their Reasoning by Using Realistic Mathematical Education Approach at Secondary School of Unggul Sakti Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 15(3): 171.
Moelyono, Mauled. 2010. Menggerakkan Ekonomi Kreatif Antara Tuntutan dan Kebutuhan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Najuah, Pristi, S, L. dan Winni, W. 2020. Modul Elektronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ni’mah, N. (2023). Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika: Critical Thinking Analysis Of Elementary School Teacher Education Students With Impulsive Cognitive Style In Solving Mathematical Problems. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 28–42. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i1.4745
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Rahmani, Naila Fauzia. 2014. Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Pembelajaran Wayang untuk Siswa SMP Kelas VIII D.I. Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Year.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/RnD). Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember : CV Pustaka Abadi.
Sunarto, Sunaryo, dkk. 2012. Media Pembelajaran Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
Utami, M., Z., Iwan, S., Eko, R., dan Elsa, V. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-alat Optik. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Malang, 347.
Wijaya, Cahya Alim, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pengendali Kecepatan dan Soft Starting Motor Listrik Berbasis Arduino Pada Mata Kuliah Penggunaan dan Pengatuan Motor. Jupiter. 2(2): 6.
Yuniati, S. 2018. Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakterkarakter Keislaman Melalui Pendekatan Kontekstual Di Provinsi Riau. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6(1), 112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lastaria, Rully Rezki Saputra, Helda Yuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License