Pembentukan Karakter Siswa Di Lembaga Pendidikan Formal

Student Character Construction At Formal Educational Institutions

Authors

  • Alimin Alwi Universitas Halu Oleo
  • Munawir Mansur Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dade Prat Untarti Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5818

Keywords:

Karakter Siswa, Konstruksi, Multi Aktor, Pendidikan Formal

Abstract

Banyaknya perilaku menyimpang siswa yang belum banyak ditemukan solusi yang tepat. Banyaknya metode mengajar yang inovatif tetapi belum menyentuh perubahan karakter pada siswa. Sehingga hasilnya banyak siswa yang menggunakan kepandaiannya untuk cara melakukan penyimpangan. Untuk itu perlunya pengkonstruksian karakter siswa pada lembaga pendidikan formal dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis nilai nilai karakter yang terkonstruksi oleh multi aktor terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dilakukan dengan cara wawancara mendalam (depth interview) kepada informan dan responden sebagai data primer. Melalui teknik penentuan informan secara snowball yang terdiri Kepala Sekolah, Tenaga pendidikan (Guru) Tenaga kependidikan (TU), dan siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui proses yaitu: 1) pengumpulan data (data collection); 2) reduksi data (data reduction); 3) display data; serta 4) verifikasi dan penegasan kesimpulan (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian ini menemukan bahwa konstruksi karakter siswa dilakukan oleh multi aktor pada lembaga pendidikan formal melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler. Kegiatan kurikuler yaitu melalui upacara bendera dan apel pagi, dan pembelajaran dalam kelas, dari ekstrakulikuler yaitu olahraga, seni beladiri, dan lainnya. Dampak pembelajaran karakter yang terhadap diri siswa yaitu perubahan perilaku siswa yang menjalankan nilai-nilai karakter baik dalam lingkungan sekolah juga terbawa dalam lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alimin Alwi, Universitas Halu Oleo

Munawir Mansur, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Dade Prat Untarti, Universitas Halu Oleo

References

Arifin, A. (2018). Upaya Penumbuhan Nilai Budi Pekerti Pada Sekolah Muhammadiyah di Kota Kupang. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan

Creswell, J. (2013). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Research design.

Faturrahman, P. (2013). Pengembagan Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Gill, S. L. (2020). Qualitative Sampling Methods. Journal of Human Lactation, 36(4). https://doi.org/10.1177/0890334420949218

Huda, M. M. K. (2015). Islamic Spiritual Character Values of al-Zarnuji’s Ta’lim al-Muta’allim. 6(4), 229–235. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n4s2p229

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pusat Perbukuan.

Konch, M., & Panda, R. K. (2019). Aristotle on habit and moral character formation. International Journal of Ethics Education, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.1007/s40889-018-0061-7

LUBIS, M. (2020). PERAN GURU PADA ERA PENDIDIKAN 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Maharani, D., & Kristian, I. (2021). KONSERVASI MORAL DAN PEMBENTUKAN KARAKTER MENUJU SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(3). https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i3.16

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Sanderse, W. (2016). Aristotelian action research : its value for studying character education in schools Aristotelian action research : its value for studying character. 0792(March). https://doi.org/10.1080/09650792.2015.1067161

Suhartini, S., Sekarningrum, B., Sulaeman, M. M., & Gunawan, W. (2019). Social construction of student behavior through character education based on local wisdom. Journal of Social Studies Education Research, 10(3).

Umar, M. (2017). Internalisasi Nilai Kedamaian Melalui Pendidikan Kedamaian Sebagai Penguatan Pembangunan Karakter pada Masyarakat Heterogen. WASKITA, 1(1), 77–98.

Vos, P. H. (2018). Learning from exemplars: emulation, character formation and the complexities of ordinary life. Journal of Beliefs and Values, 39(1), 17–28. https://doi.org/10.1080/13617672.2017.1393295

Wahyuni, A. T. dan W. N. (2019). Strategi Pembentukan Karakter Melalui Metode Dongeng Dan Pendampingan Anak Di Rumah Dongeng Kinciria. Was, 3(2), 77–92.

Walker, D. I. (2020). Sociological contributions for researching morality and cultivating states of moral character. Journal of Moral Education, 00(00), 1–11. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1772212

Wicaksono, H. Y. (2019). Weak of Effects of Music Education in The Establishment of Characters. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 19(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v19i2.23623

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Alwi, A., Mansur, M., & Untarti, D. P. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Di Lembaga Pendidikan Formal: Student Character Construction At Formal Educational Institutions. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 148–155. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5818