Pembentukan Karakter Siswa Di Lembaga Pendidikan Formal
Student Character Construction At Formal Educational Institutions
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5818Keywords:
Karakter Siswa, Konstruksi, Multi Aktor, Pendidikan FormalAbstract
Banyaknya perilaku menyimpang siswa yang belum banyak ditemukan solusi yang tepat. Banyaknya metode mengajar yang inovatif tetapi belum menyentuh perubahan karakter pada siswa. Sehingga hasilnya banyak siswa yang menggunakan kepandaiannya untuk cara melakukan penyimpangan. Untuk itu perlunya pengkonstruksian karakter siswa pada lembaga pendidikan formal dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis nilai nilai karakter yang terkonstruksi oleh multi aktor terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dilakukan dengan cara wawancara mendalam (depth interview) kepada informan dan responden sebagai data primer. Melalui teknik penentuan informan secara snowball yang terdiri Kepala Sekolah, Tenaga pendidikan (Guru) Tenaga kependidikan (TU), dan siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui proses yaitu: 1) pengumpulan data (data collection); 2) reduksi data (data reduction); 3) display data; serta 4) verifikasi dan penegasan kesimpulan (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian ini menemukan bahwa konstruksi karakter siswa dilakukan oleh multi aktor pada lembaga pendidikan formal melalui kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler. Kegiatan kurikuler yaitu melalui upacara bendera dan apel pagi, dan pembelajaran dalam kelas, dari ekstrakulikuler yaitu olahraga, seni beladiri, dan lainnya. Dampak pembelajaran karakter yang terhadap diri siswa yaitu perubahan perilaku siswa yang menjalankan nilai-nilai karakter baik dalam lingkungan sekolah juga terbawa dalam lingkungan masyarakat.
Downloads
References
Arifin, A. (2018). Upaya Penumbuhan Nilai Budi Pekerti Pada Sekolah Muhammadiyah di Kota Kupang. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan
Creswell, J. (2013). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Research design.
Faturrahman, P. (2013). Pengembagan Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.
Gill, S. L. (2020). Qualitative Sampling Methods. Journal of Human Lactation, 36(4). https://doi.org/10.1177/0890334420949218
Huda, M. M. K. (2015). Islamic Spiritual Character Values of al-Zarnuji’s Ta’lim al-Muta’allim. 6(4), 229–235. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n4s2p229
Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pusat Perbukuan.
Konch, M., & Panda, R. K. (2019). Aristotle on habit and moral character formation. International Journal of Ethics Education, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.1007/s40889-018-0061-7
LUBIS, M. (2020). PERAN GURU PADA ERA PENDIDIKAN 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Maharani, D., & Kristian, I. (2021). KONSERVASI MORAL DAN PEMBENTUKAN KARAKTER MENUJU SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(3). https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i3.16
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Sanderse, W. (2016). Aristotelian action research : its value for studying character education in schools Aristotelian action research : its value for studying character. 0792(March). https://doi.org/10.1080/09650792.2015.1067161
Suhartini, S., Sekarningrum, B., Sulaeman, M. M., & Gunawan, W. (2019). Social construction of student behavior through character education based on local wisdom. Journal of Social Studies Education Research, 10(3).
Umar, M. (2017). Internalisasi Nilai Kedamaian Melalui Pendidikan Kedamaian Sebagai Penguatan Pembangunan Karakter pada Masyarakat Heterogen. WASKITA, 1(1), 77–98.
Vos, P. H. (2018). Learning from exemplars: emulation, character formation and the complexities of ordinary life. Journal of Beliefs and Values, 39(1), 17–28. https://doi.org/10.1080/13617672.2017.1393295
Wahyuni, A. T. dan W. N. (2019). Strategi Pembentukan Karakter Melalui Metode Dongeng Dan Pendampingan Anak Di Rumah Dongeng Kinciria. Was, 3(2), 77–92.
Walker, D. I. (2020). Sociological contributions for researching morality and cultivating states of moral character. Journal of Moral Education, 00(00), 1–11. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1772212
Wicaksono, H. Y. (2019). Weak of Effects of Music Education in The Establishment of Characters. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 19(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v19i2.23623
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alimin Alwi, Munawir Mansur, Dade Prat Untarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License