Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IV

Analysis of the Difficulty of Writing Description Essays for Class IV Students

Authors

  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Fahri Ma'ruf Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5830

Keywords:

Kesulitan Menulis Karangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang kesulitan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 12 Langkai Palangka Raya. Subjek atau sumber data dalam penelitian ini adalah 4 orang peserta didik, 1 orang guru kelas dan Kepala Sekolah SD Negeri 12 Langkai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan peneliti mengungkapkan bahwa kesulitan peserta didik pada materi kesulitan menulis karangan disebabkan oleh kurang lancarnya mereka dalam menguluarkan ide-ide menggunakan bahasa Indonesia, kurang terbiasanya menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari, dan kurangnya pemahaman peserta didik tentang tema cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arif Supriyadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fahri Ma'ruf, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditam

Arikunto, S. (2013) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dian, Nurmala. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN Wonosari I Turi Sleman. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.

Fatkasari, (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Petung Asri 3 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Naki, Nurhayati, Abidin. (2018). AnalisisKemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas VII SMP N 18 Lau Kabupaten Maros. Jurnal Ilmu Budaya. 6 (2).

Pebrianti, Nur. Annisa. (2020). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar (Penelitian Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Griya Bandung Indah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Supriyadi, A., & Ma’ruf, F. (2023). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IV: Analysis of the Difficulty of Writing Description Essays for Class IV Students. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 141–147. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5830