Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IV
Analysis of the Difficulty of Writing Description Essays for Class IV Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5830Keywords:
Kesulitan Menulis KaranganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang kesulitan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas IV SD Negeri 12 Langkai Palangka Raya. Subjek atau sumber data dalam penelitian ini adalah 4 orang peserta didik, 1 orang guru kelas dan Kepala Sekolah SD Negeri 12 Langkai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan peneliti mengungkapkan bahwa kesulitan peserta didik pada materi kesulitan menulis karangan disebabkan oleh kurang lancarnya mereka dalam menguluarkan ide-ide menggunakan bahasa Indonesia, kurang terbiasanya menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari, dan kurangnya pemahaman peserta didik tentang tema cerita.
Downloads
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditam
Arikunto, S. (2013) . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dian, Nurmala. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN Wonosari I Turi Sleman. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.
Fatkasari, (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Petung Asri 3 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Naki, Nurhayati, Abidin. (2018). AnalisisKemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas VII SMP N 18 Lau Kabupaten Maros. Jurnal Ilmu Budaya. 6 (2).
Pebrianti, Nur. Annisa. (2020). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar (Penelitian Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Griya Bandung Indah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arif Supriyadi, Fahri Ma'ruf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License