Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang

The Effect of Using Video Media on Learning Outcomes in Human Digestive System Material in Class XI IPA B SMA Immanuel Sintang

Authors

  • Marzuki Marzuki Universitas Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5831

Keywords:

Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Makanan, Media Video

Abstract

Model pembelajaran Media Video merupakan salah satu media yang efektif untuk pembelajaran di dalam kelas, karena penyajian materi dapat dilihat secara nyata sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian adalah Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan observasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data diperoleh thitung dengan ttabel yaitu: 4,84 > 1,696 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti model pembelajaran media video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI IPA SMA Immanuel Sintang, dan hasil perhitungan effect size besarnya pengaruh penggunaan  media video terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan pada manusia di kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang yaitu 0,32 dikategorikan kedalam kriteria kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marzuki Marzuki, Universitas Kapuas

References

Ratnasari, S. E. (2023). The Effectiveness Of Using Digital Storytelling Video In Teaching Speaking At SMK Telkom Banjarbaru: Efektivitas Penggunaan Digital Video Storytelling Dalam Pengajaran Berbicara di SMK Telkom Banjarbaru. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 14–24. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4901

Alhikmah, A., & Riadin, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas IV-B SDN 4 Menteng Palangka Raya: Analysis of Thematic Learning Difficulties in Class IV-B Students of SDN 4 Menteng Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 34–38. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4923

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Erniwati, Rosliana Eso, dan Siti Rahmia. 2014. Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran Ipa- Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika. 10(3), 269–73.

Khoerunisa, eneng (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Eksperimen Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 7-21.

Nurshita, Elma. 2018. Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMAN 1 Labuhanhaji. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Pakpahan, Adrew Fernando. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Marzuki, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang: The Effect of Using Video Media on Learning Outcomes in Human Digestive System Material in Class XI IPA B SMA Immanuel Sintang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 156–163. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5831