Efektivitas Teknik Desensitisasi Sistematik Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Kelas
The Effectiveness of Systematic Desensitization Techniques in Group Guidance to Reduce Anxiety Communicating in Front of the Class
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5868Keywords:
Teknik Desensitisasi Sistematik, Bimbingan Kelompok, Kecemasan BerkomunikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui tingkat kecemasan berkomunikasi di depan kelas pada peserta didik, (2) untuk mengetahui keefektivitasan teknik disensitisasi sistematik untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi di depan kelas pada peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya yang berjumlah 74 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian dibuat dengan menggunakan SPSS for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis Statistic yaitu uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik efektif dapat menurunkan kecemasan berkomunikasi pada peserta didik kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.
Downloads
References
Amir, A. Siregar, R. & Silondae, P. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Metode Permainan Outbound Terhadap Kecenderungan Kecemasan Berkomunikasi Siswa SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Bening.
Almizri, W. & Karneli, Y. (2021). Teknik Desensitisasi Sistematik Untuk Mereduksi Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder) Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling,
Arnani, R. (2020). Kecemasan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Thailand di IAIN Tulungagung. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Aswida, W. Marjohan, & Syukur, Y. (2012). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa. Konselor.
Fitriyana, N. Karmiyati, D. Yuniardi, M. & Widiantoro, D. (2020). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berkomunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Baru.
Hanum, N & Asiah. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Pola Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Kelas VII SMP Negeri Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Jurnal Psikologi Konseling
Indriarto, F. (2000). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran Dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.
Maynawati, A. F. R. N. (2023). Penyelenggaraan Layanan Bimbingan Klasikal Secara Daring di SMP Swasta Se-Kabupaten Wonogiri : Implementation Of Online Clasical Guidance Services At Private Junior High Schools In Wonogiri Regency. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 61–66. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4218
Muslimin, K. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum). Jurnal Interaksi
Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro
Ningtiyas, A & Wahyudi. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkkan Percaya Diri Peserta Didik. Indonesian Journal Of Counseling and Education
Safithry, E. A., & Karyanti, K. (2023). Pelatihan Penyusunan Program Bimbingan Konseling Bagi Mahasiswa Prodi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Muhammamdiyah Palangkaraya. Bijaksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27-31.
Setianingsih, E. Sutoyo, S. & Purwanto, E. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling.
Sugiantoro, B. (2018). Teknik Desensitisasi Sistematis (Systematic Desensitization) Dalam Mereduksi Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder) Yang Dialami Konseli. Jurnal Nusantara Of Research.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asep Solikin, Sari Mulia, Karyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License