Analisis Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDN Bumi Agung Lamandau
Analysis of Student Character Education in Citizenship Education (PKn) Learning at SDN Bumi Agung Lamandau
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5884Keywords:
Pendidikan karakter, Sekolah Dasar, PKNAbstract
Sekolah merupkan suatu Lembaga yang berperan penting dalam Pendidikan karakter terutama pada jenjang Pendidikan sekolah dasar. Usia sekolah dasar adalah usia efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Mencermati fenemona perilaku peserta didik sekolah dasar saat ini, banyak prilaku-prilaku negative yang mencerminkan karakter kurang baik, seperti saling memukul, mendorong, mencubit antar peserta didik yang mengacu pada tindakan bullying. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan Pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN Bumi Agung Lamandau. Penelitian ini meggunakan metode kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi pada peserta didik di SDN Bumi Agung Lamandau. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PKn di sekolah tersebut melakukan berbagai cara dalam penerapan Pendidikan karakter, seperti menerapkan berbagai macam metode yang dapat membantu penerapan karakter seperti metode bercerita, metode berdiskusi, simulasi, percapakan, metode keteladanan dan metode pembiasaan. selain itu guru juga menggunakan media untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih maksimal. Berdasarkan penelitian, peserta didik di SDN Bumi Agung Lamandau terlihat cukup memiliki karakter yang baik, terlihat dari prilaku yang mereka tampilkan saat di sekolah. Namun penanaman karakter tidak hanya disekolah saja, tetapi juga perlu dukungan dari lingkungan kelurga dan lingkungan masyarakat.
Downloads
References
Adisusilo, J.R.. Sutarjo.2014. Pembelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran. Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Bahar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Edia.Nina W. Syam. 2011.Psikologi sebagai akar ilmu komunikasi.Bandung :Simbiosa Rekatama Media.
Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia. Grafika
Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori Konsep, & Implementasi).Yogyakarta: Familia
Kurniawan, Machful Indra. Integrasi Pendidikan Karakter ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD1:1 2013.
Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 91-103.
Priastuti, D., Permata, S. D., & Nur’afiffah, U. U. (2023). Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa Melalui Pembiasaan Sekolah: The Role Of The Teacher In Instrumenting The Character Value Of Discipline In Students Through School Habituation. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 27–34. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.4908
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gusti Nida Nurkhaliza, Elya Purwati N, Ady Ferdian Noor, Oktarina Wulandari Y.G
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License