Analisis Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDN Bumi Agung Lamandau

Analysis of Student Character Education in Citizenship Education (PKn) Learning at SDN Bumi Agung Lamandau

Authors

  • Gusti Nida Nurkhaliza Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Elya Purwati N Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ady Ferdian Noor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Oktarina Wulandari Y.G Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5884

Keywords:

Pendidikan karakter, Sekolah Dasar, PKN

Abstract

Sekolah merupkan suatu Lembaga yang berperan penting dalam Pendidikan karakter terutama pada jenjang Pendidikan sekolah dasar. Usia sekolah dasar adalah usia efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Mencermati fenemona perilaku peserta didik sekolah dasar saat ini, banyak prilaku-prilaku negative yang mencerminkan karakter kurang baik, seperti saling memukul, mendorong, mencubit antar peserta didik yang mengacu pada tindakan bullying. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan Pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN Bumi Agung Lamandau. Penelitian ini meggunakan metode kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi pada peserta didik di SDN Bumi Agung Lamandau. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PKn di sekolah tersebut melakukan berbagai cara dalam penerapan Pendidikan karakter, seperti menerapkan berbagai macam metode yang dapat membantu penerapan karakter seperti metode bercerita, metode berdiskusi, simulasi, percapakan, metode keteladanan dan metode pembiasaan. selain itu guru juga menggunakan media untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih maksimal. Berdasarkan penelitian, peserta didik di SDN Bumi Agung Lamandau terlihat cukup memiliki karakter yang baik, terlihat dari prilaku yang mereka tampilkan saat di sekolah. Namun penanaman karakter tidak hanya disekolah saja, tetapi juga perlu dukungan dari lingkungan kelurga dan lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gusti Nida Nurkhaliza, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Elya Purwati N, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ady Ferdian Noor, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Oktarina Wulandari Y.G, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Adisusilo, J.R.. Sutarjo.2014. Pembelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran. Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Bahar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Edia.Nina W. Syam. 2011.Psikologi sebagai akar ilmu komunikasi.Bandung :Simbiosa Rekatama Media.

Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia. Grafika

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori Konsep, & Implementasi).Yogyakarta: Familia

Kurniawan, Machful Indra. Integrasi Pendidikan Karakter ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD1:1 2013.

Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 91-103.

Priastuti, D., Permata, S. D., & Nur’afiffah, U. U. (2023). Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa Melalui Pembiasaan Sekolah: The Role Of The Teacher In Instrumenting The Character Value Of Discipline In Students Through School Habituation. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 27–34. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.4908

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2).

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Nurkhaliza, G. N., Purwati N, E., Noor, A. F., & Wulandari Y.G, O. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDN Bumi Agung Lamandau: Analysis of Student Character Education in Citizenship Education (PKn) Learning at SDN Bumi Agung Lamandau. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 217–223. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5884