Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Pelajaran IPA di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.610Keywords:
Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data dalam penerapan pendidikan karakter terhadap pelajaran IPA pada peserta didik kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Hidayatul Insan, Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang pada umumnya menggunakan teknik observasi untuk memperkuat data, wawancara untuk mengadakan komunikasi dengan para informan atau objek penelitian, dan studi dokumenter (dokumentasi) untuk mengumpulkan data yang bersumber dari arsip yang berada di dalam sekolah maupun yang berada di luar sekolah. Atas dasar konsep itu maka ketiga teknik pengumpulan data di atas digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian: Kepala Sekolah dan Para Guru di MIS Hidayatul Insan Palangka Raya sangat tertarik untuk menerapkan pendidikan karakter dimana sekolah menyediakan sarana dan prasarana berupa silabus, RPP, dan buku pelajaran peserta didik sehingga dalam proses pembelajarannya dapat memudahkan guru dan sejak diterapkannya pendidikan karakter sudah dapat meningkatkan hasil belajar atau prestasi peserta didik. Dari hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa kondisi dari peserta didik juga menentukan dalam penerapan pendidikan karakter dan pembelajaran.
Downloads
References
Bungin, Burhan (2007). Penelitian Kualitatif, Jakarta: Prenada Media Group.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, (2003). Undang-Undang Republick Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sekretariat Negara.
Departemen Pendidikan Nasional, (2012), Panduan Pengembangan Pendidikan Karakter, Jakarta: Tim Penulis
Emzir (2011). Metodologi Kualitatif Analisis Data, Jakarta: Rajawali Pers.
Herabudin (2010). Literasi IPA, Jakarta: Rineka cipta.
Megawangi, Ratna (2009). Menyemai Benih Karakter, Bogor: Indonesia Heritage Foundation
Megawangi, Ratna (2004). Pendidikan Karakter, Bogor: Indonesia Heritage Foundation
Moleong, lexy. J (2000). Metode Penelitian Kualitatif: Bandung: Alfabeta
Nahartyo, Ertambang (2012). Desain Dan Implementasi Riset Eksperimen, Jogyakarta: UPP STIM YKPN
Sahlan, A dan Prasetyo, A.T (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Jogjakarta: Ar-Russ Media
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono (2010). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta
Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta. Bumi Aksara
Wati (2011). Pelaksanaan Kegiatan Ekstra Kurikuler, Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP)
Wirotomo, Paulus (2011). Pendidikan Toleransi Bagian dari Karakter Bangsa. Jurnal Akrab, volume II. 14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License