Hubungan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pkn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.612Keywords:
Percaya Diri, Hasil Belajar, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan percaya diri dengan hasil belajar PKn peserta didik Kelas V SDN-4 Pahandut Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan metode penelitian Korelasi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan tes. Peserta didik yang menjadi populasi sekaligus sampel berjumlah 45 orang. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment didapat r hitung = 0,797, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada hubungan Percaya Diri dengan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013.
Downloads
References
Daryanto, (2007), Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Enung Fatimah, (2006), Psikologi (Perkembangan Peserta Didik), Bandung : Pustaka Setia.
Fitriani, (2011), Korelasi Sikap Peserta Didik Terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika di SDN-5 Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan (Skripsi), Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Fitri Albani, (2011), Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Palangkaraya (Skripsi), Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Gulo W., (2002), Metodologi Penelitian,Jakarta :PT.Grasindo.
Hamdan, (2009),Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMUN 1 Betu Bekasi,Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Gundadarma.
Hasan Iqbal.M, (2002), Metodologi Penelitian dan Aplikasinya,Jakarta :Ghalia Indonesia.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta: Gaung Persada Pers.
LeoSutrisno,(2008),PengertianHasilBelajar,http;//www.Scribd.com.doc, Diakses 18 April 2012.
Muhammad Zainal Abidin, (2010), Penelitian Korelasional, http://www.masbied.com/2010/03/20/penelitian-korelasional-2/: Diakses24 September 2012.
Nana Sudjana dan Ibrahim, (2001), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik, (2006), Proses Belajar Mengajar,Bandung : Bumi Aksara.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006.
Ronny Kountor, (2008), Pendongkrak Kepercayaan Diri, Jakarta : Erlangga.
Saifuddin Azwar, (2004), Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (2002), Prosedur Penelitian, Jakarta; Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto,(2006),Prosedur Penelitian SuatuPendekatanPraktik, Jakarta:Rineka Cipta.
Sugiyono, (2006), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono,(2008), Metode Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.
Sukardi, (2003), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya Yogyakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata,(1983), Metodologi Penelitian, Yogyakarta : PT. Raja Grafindo.
Silapsity. Kumpulan Teori PKnBlogspot.com /2009/ 03/ : Diakses 08 Mei 2013
Thursan Hakim, (2005), Mengatasi Rasa Percaya Diri, Jakarta : Puspa Swara.
Undang-undang RI, (2003), Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Waluyo H.Y., (1987), Penelitian Pencapaian Hasil Belajar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : Universitas Terbuka.
Zamroni,(2011),DefinisiPendidikan Kewarganegaraan,http://definisi Pengertian.biogspot.Com, Diakses 10 Maret 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License