Hubungan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pkn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013

Authors

  • Fisa Fisa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ady Ferdian Noor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.612

Keywords:

Percaya Diri, Hasil Belajar, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan percaya diri dengan hasil belajar PKn peserta didik Kelas V SDN-4 Pahandut Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan metode penelitian Korelasi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan tes. Peserta didik yang menjadi populasi sekaligus sampel berjumlah 45 orang. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment didapat r hitung = 0,797, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada hubungan Percaya Diri dengan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fisa Fisa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ady Ferdian Noor, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Angreini, dkk., (2000), Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarta : Grasindo.
Daryanto, (2007), Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Enung Fatimah, (2006), Psikologi (Perkembangan Peserta Didik), Bandung : Pustaka Setia.
Fitriani, (2011), Korelasi Sikap Peserta Didik Terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika di SDN-5 Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan (Skripsi), Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Fitri Albani, (2011), Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Palangkaraya (Skripsi), Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Gulo W., (2002), Metodologi Penelitian,Jakarta :PT.Grasindo.
Hamdan, (2009),Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMUN 1 Betu Bekasi,Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Gundadarma.
Hasan Iqbal.M, (2002), Metodologi Penelitian dan Aplikasinya,Jakarta :Ghalia Indonesia.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta: Gaung Persada Pers.
LeoSutrisno,(2008),PengertianHasilBelajar,http;//www.Scribd.com.doc, Diakses 18 April 2012.
Muhammad Zainal Abidin, (2010), Penelitian Korelasional, http://www.masbied.com/2010/03/20/penelitian-korelasional-2/: Diakses24 September 2012.
Nana Sudjana dan Ibrahim, (2001), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik, (2006), Proses Belajar Mengajar,Bandung : Bumi Aksara.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006.
Ronny Kountor, (2008), Pendongkrak Kepercayaan Diri, Jakarta : Erlangga.
Saifuddin Azwar, (2004), Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (2002), Prosedur Penelitian, Jakarta; Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto,(2006),Prosedur Penelitian SuatuPendekatanPraktik, Jakarta:Rineka Cipta.
Sugiyono, (2006), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono,(2008), Metode Kualitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.
Sukardi, (2003), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya Yogyakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata,(1983), Metodologi Penelitian, Yogyakarta : PT. Raja Grafindo.
Silapsity. Kumpulan Teori PKnBlogspot.com /2009/ 03/ : Diakses 08 Mei 2013
Thursan Hakim, (2005), Mengatasi Rasa Percaya Diri, Jakarta : Puspa Swara.
Undang-undang RI, (2003), Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Waluyo H.Y., (1987), Penelitian Pencapaian Hasil Belajar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : Universitas Terbuka.
Zamroni,(2011),DefinisiPendidikan Kewarganegaraan,http://definisi Pengertian.biogspot.Com, Diakses 10 Maret 2012

Downloads

Published

2014-03-04

How to Cite

Fisa, F., & Noor, A. F. (2014). Hubungan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pkn Peserta Didik Kelas V SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 9(1), 46–51. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.612