Identifikasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i1.6928

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, PGSD, Palangkaraya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa pada indikator mengamati, mengklasifikasi, hipotesis dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dimana subjek penelitiannya sebanyak 35 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berada pada kategori sedang (indikator observasi, klasifikasi dan komunikasi) serta pada kategori rendah (indikator hipotesis). Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya penerapan kegiatan pembelajaran berupa pendekatan pembelajaran yang inovatif demi meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fathul Zannah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Fatimah, Fita. 2020. “Identifikasi Keterampilan Proses Sains Pada Siswa PAUD Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.” Genius Indonesian Journal of Early Chilhood Education 1(1):72–86.

Febrianti, M., I. Dewa Putu Nyeneng, and Nengah Maharta. 2016. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa.” Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (April):5–24.

Fitriana, Fitriana, Yenni Kurniawati, and Lisa Utami. 2019. “Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory.” JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 4(2):226–36. doi: 10.15575/jtk.v4i2.5669.

Kruea-In, Chatchai, Nantarat Kruea-In, and Witat Fakcharoenphol. 2015. “A Study of Thai In-Service and Pre-Service Science Teachers’ Understanding of Science Process Skills.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 197(February):993–97. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.07.291.

Maison, Darmaji, Aatalini, Dwi Agus Kurniawan, Haryanto, Wawan Kurniawan, Ai Suryani, Artha Lumbantoruan, and Utari Prisma Dewi. 2020. “Science Process Skill in Science Program Higher Education.” Universal Journal of Educational Research 8(2):652–61. doi: 10.13189/ujer.2020.080238.

Rahmatullah. 2023. “Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Imam Nawawi.” Harati : Journal of Science Education 1(1):1–7.

Sideri, Andriani, and Michael Skoumios. 2021. “Science Process Skills in the Greek Primary School Science Textbooks.” Science Education International 32(3):231–36. doi: 10.33828/sei.v32.i3.6.

Sihaloho, Sahyar, and Mariati. 2017. “The Effect of Inquiry Learning Model on Students Science Process Skills.” 7(6):46–51. doi: 10.2991/aisteel-19.2019.83.

Şimşek, Pinar, and Filiz Kabapinar. 2010. “The Effects of Inquiry-Based Learning on Elementary Students’ Conceptual Understanding of Matter, Scientific Process Skills and Science Attitudes.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 2(2):1190–94. doi: 10.1016/j.sbspro.2010.03.170.

Sriyati, Siti, Almira Ivana, and Didik Pryandoko. 2021. “Pengembangan Sumber Belajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Dadiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 9(2):168–80. doi: 10.24815/jpsi.v9i2.18783.

Yager, Robert E., and Hakan Akcay. 2010. “The Advantages of an Inquiry Approach for Science Instruction in Middle Grades.” School Science and Mathematics 110(1):5–12. doi: 10.1111/j.1949-8594.2009.00002.x.

Yuniastuti, Euis. 2011. “Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi, Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan.” Interakasi Dan Motivasi Belajar-Mengajar (10):83.

Zaini, Dr., Amalia Rezeki, and Fathul Zannah. 2018. “Senior High School Students’ Attitudes Through Inquiry-Based Learning.” 274:21–24. doi: 10.2991/iccite-18.2018.5.

Zaini, M., Ita, and F. Zannah. 2020. “Development of Lesson Plan Device Based on Inquiry Based Learning to Improve Learning Outcome and Critical Thinking Skill.” Journal of Physics: Conference Series 1567(4). doi: 10.1088/1742-6596/1567/4/042027.

Zannah, Fathul, and Indah Sari Dewi. 2020. “Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa PGSD UM Palangkaraya.” Konstruktivisme: JUrnal Pendidikan Dan Pembelajaran 12(2):105–10.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Zannah, F. (2024). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(1), 1–5. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i1.6928