Peran Guru Mempersiapkan Siswi Menghadapi Menarche di MI Muslimat NU Palangka Raya: Pendekatan, Strategi, dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Psikologis
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i1.6941Keywords:
Group Guidance Services, Symbolic Modeling Techniques, Student Learning MotivationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam mempersiapkan siswi menghadapi menarche di MI Muslimat NU Palangka Raya serta dampaknya terhadap kesejahteraan psikologis siswi. Pendekatan yang digunakan kualitatif fenomenologi dengan mengumpulkan data melalui wawancara pada guru dan analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi temuan kunci. Temuan menunjukkan bahwa peran guru sebagai pendidik sangat penting dalam memberikan pemahaman tentang menarche, strategi, dan pendekatan yang diterapkan. Modifikasi strategi dalam memberikan pemahaman tentang menarche dapat membantu siswi lebih siap dalam menghadapi perubahan tersebut. Siswi yang mendapatkan edukasi mengenai menarche cenderung lebih tenang dan positif dalam menghadapi perubahan fisik dan emosional yang terkait dengan menarche, sehingga meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru dalam mempersiapkan siswi menghadapi menarche dan implikasinya terhadap kesejahteraan siswi di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Anggraeni, W. M., & Kurniawati, D. (2022). Efektivitas Metode Biblioterapi terhadap Pengetahuan Remaja Putri tentang Menarche di Sekolah Dasar. Griya Widya: Journal of Sexual and Reproductive Health, 1(2), 51–59. https://doi.org/10.53088/griyawidya.v1i2.349
Alamri, W. A. (2019). Effectiveness of Qualitative Research Methods: Interviews and Diaries. International Journal of English and Cultural Studies, 2(1), 65. https://doi.org/10.11114/ijecs.v2i1.4302
Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Indonesian Journal of Instructional Technology. 1(2). 37-46
Gupta, M., Shaheen, M., & Reddy, K. P. (Eds.). (2019). Qualitative Techniques for Workplace Data Analysis: IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-5366-3
Hafid, I., Verawati, V., Fatchurahman, M., & Juhairiah, S. (2023). Improving Student Learning Outcomes Through The Implementation of Storytelling Cooperative Learning Models. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 40–43. https://doi.org/10.33084/tunas.v9i1.6234
Iffah, N. (2022). Hubungan Status Gizi, Genetik, Media Massa, Aktivitas Olahraga Dengan Menarche Siswi Smpn 1 Jombang. Fourth Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang. 24 September 2022
Irawati, N. A. et.al,. 2020. Hubungan Pengetahuan dengan Respon Psikologis Remaja Putri dalam Menghadapi Menarche. Indonesian Midwifery and Health Scinces Journal. 4(4). 354-361
Novita, D. (2020). Kesiapan Menghadapi Menarche pada Anak Sekolah Dasar Sebelum dan Setelah Diberikan Pendidikan Kesehatan. Journal of TSCSI. 5(2). 1-14
Pink, M.F., & Natalia E. (2022). Pengalaman dalam Menghadapi Sindrom Pra Menstruasi pada Remaja Putri. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan. 12(2). 190-200
Purwati, Y., & Darmawati, R. (2020). Dampak Peer Group Terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche pada Siswi Sekolah Dasar. University Research Colloquium. 324-330.
Sainah, S., Hamdayani, H., & Zalzabila, N. (2022). Kesiapan Remaja Putri dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 18(2), 171. https://doi.org/10.26753/jikk.v18i2.985
Sanjiwani, I. A., Pramitaresthi, I. G. A., & Pramitaresthi, I. G. A. (2020). Gambaran Kesiapan Menarche Siswi Di Sd 2 Dalung. Coping: Community of Publishing in Nursing, 8(2), 169. https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i02.p09
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Istiqamah Hafid, Windari Sabela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License