Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i1.6951

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Matematika SD, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran Matematika SD sebagai salah satu mata kuliah yang dinilai memegang peranan penting dalam peningkatan hasil belajar. Hasil belajar dilihat melalui tingkat kemampuan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kemampuan mahasiswa yang beragam membuat dosen harus melakukan inovasi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pembelajaran berdiferensiasi menekankan pentingnya respon dosen terhadap kebutuhan belajar mahasiswa tetapi berfokus pada kebutuhan belajar mahasiswa yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan untuk mencari seberapa besar pembelajaran berdiferensiasi dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran matematika SD di Perguruan Tinggi. Instrumen penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test, yang mana pre-test akan diberikan sebelum pembelajaran berdiferensiasi dan post-test diberikan sesudahnya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I PGSD di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dengan total 90 orang dan sampelnya adalah mahasiswa semester I kelompok A yang berjumlah 20 orang. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan adalah dengan teknik Uji T Statistik Parametrik. Berdasarkan hasil analisis data pada tabel IV menunjukan bahwa pada variabel hasil belajar diperoleh nilai signifikansi < 0,005 yang berarti signifikan. Hal ini berarti penggunaan pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan bisa meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurun Ni'mah, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

References

Bilantua, A., Panigoro, M., & Bahsoan, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito Tomilito Gorontalo Utara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.37905/aksara.10.1.427-448.2024

Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 527–539.

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Laia, I. S. A. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 LAHUSA. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8255

Listiani, I. (2022). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN BRAIN BASED LEARNING. Journal of Geography Education, 3(2), Article 2. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geoducation/article/view/6217

Manzis, I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Sekolah Dasar [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/

Maulani, B. I. G., Hardiana, H., & Jamaluddin, J. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), Article 4. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1728

Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf. (n.d.). Retrieved April 3, 2024, from https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Principles and Standards—National Council of Teachers of Mathematics. (n.d.). Retrieved April 3, 2024, from https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. JURNAL PEDAGOGY, 16(1), Article 1.

Rachmadhani, S. A. D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Ni’mah, N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(1), 53–59. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i1.6951