Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.719Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar IPA dengan meggunakan model pembelajaran mind mapping, (2) Meningkatkan hasil belajar IPA dengan meggunakan model pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 19 orang peserta didik, 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah oservasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini meggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil aktivitas peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran IPA dan dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 2,9 pada sklus I dan meningkat menjadi 3,6 pada siklus II. (2) Ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada peserta didik kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi peristiwa alam di Indonesia. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata peserta didik 67 dengan ketuntasan klasikal 79% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79 dan ketuntasan klasikal 95%.
Downloads
References
Dimyatidan Mudjiono.1999.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta
Dwi Siswoyo, dkk. (2007).IlmuPendidikan.Yogyakarta: UNY Pers
Hendra Surya.(2003).KiatMengajakAnakBelajardanBerprestasi.Jakarta:Elex MediaKomputindo.
Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta:IKIPYogyakarta
Maskoeri Jasin. (2010).IlmuAlamiah Dasar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
NanaSudjana.(2004).PenilaianHasilProsesbelajarMengajar.Bandung:PT RemajaRosdakarya.
OemarHamalik. (2001).Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT BumiAksara. Patta Prayitno Erman Amti. 1997. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Depdikbud
Sri Sulistyorini. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: TiaraWacana.
Sugiyanto.(2012).KarakteristikSiswaSD.JurnalKependidikanDosenUNY. Hlm 1-7.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press. Suharsimi
Surjani Wonorahardjo. (2010). Dasar-dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains. Jakarta:Indeks.
Taufik Bahaudin. (1999) . Brainware Management. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
UsmanSamatowo.(2006).PembelajaranIPAdiSekolahDasar.Jakarta.Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License