Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesiamenggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Wayang Pada Peserta Didik Kelas V/A di SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.725Keywords:
Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, MetodeDemonstrasi Berbantuan Media WayangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan aktivitas belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya dengan menggunakanmetodedemonstrasiberbantuan media wayang(2) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya setelah menggunakan metodedemonstrasiberbantuan media wayang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metodedemonstrasiberbantuan media wayangpada peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya menjadikan peserta didik menjadibaik. Pada siklus I diperoleh skor 2,3 dengan kategori cukup baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,33 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V A di SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya dengan menggunakan metodedemonstrasiberbantuan media wayang, hal ini dapat dilihat dari tes awal diperoleh nilai rata-rata 55 dengan ketuntasan dengan klasikal 40%, siklus I diperoleh nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan klasikal 55%, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Downloads
References
Wina, Sanjaya. (2014). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamidulloh, Ibda. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV Pilar Nusantara
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajran. Yogyakarta: Pustaka Pejara
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License