Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesiamenggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Wayang Pada Peserta Didik Kelas V/A di SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Noviani Kurniawati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.725

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, MetodeDemonstrasi Berbantuan Media Wayang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan aktivitas belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya dengan menggunakanmetodedemonstrasiberbantuan media wayang(2) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya setelah menggunakan metodedemonstrasiberbantuan media wayang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metodedemonstrasiberbantuan media wayangpada peserta didik kelas V A SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya menjadikan peserta didik menjadibaik. Pada siklus I diperoleh skor 2,3 dengan kategori cukup baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,33 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V A di SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya dengan menggunakan metodedemonstrasiberbantuan media wayang, hal ini dapat dilihat dari tes awal diperoleh nilai rata-rata 55 dengan ketuntasan dengan klasikal 40%, siklus I diperoleh nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan klasikal 55%, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arif Supriyadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Noviani Kurniawati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Tarigan, Henry G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Wina, Sanjaya. (2014). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamidulloh, Ibda. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV Pilar Nusantara
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajran. Yogyakarta: Pustaka Pejara
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Downloads

Published

2018-03-06

How to Cite

Supriyadi, A., & Kurniawati, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesiamenggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Wayang Pada Peserta Didik Kelas V/A di SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 39–47. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.725