Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode KNOW, WANT, LEARN (KWL) Pada Kelas V DI SDN 1 Lunuk Ramba Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.856Keywords:
Hasil Belajar, Know, Want, Learn, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui aktivitas belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL), (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis pada akhir proses pembelajaran dan observasi untuk mengetahui aktivitas pada saat proses pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi baik dengan menggunakan metode Know, Want, Learn (KWL) pada peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaran 2016/2017.Hal tersebut terlihat pada aktivitas peserta didik pada siklus I dengan skor rata-rata 2,76 (cukup baik) dan pada siklus II ada peningkatan dengan skor rata-rata 3,88 (baik). (2) Ada peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran Know, Want, Learn (KWL) pada peserta didik kelas V SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil pre test dengan rata-rata 38 dan ketuntasan klasikal 13%, pada siklus I dengan rata-rata 73 dan ketuntasan klasikal 80%, dan pada siklus II dengan rata-rata 86 dan ketuntasan klasikal 93%.
Downloads
References
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License