Pengembangan Program Sosial Emosional pada Lingkungan Rutin dan Integritas untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di SDN Pedurungan Kidul 01

Authors

  • Nani Risnawati Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Tiyas Purnama Kartika Dewi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.7343

Keywords:

Pengembangan, Program Sosial Emosional, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan program sosial emosional pada lingkungan rutin dan integritas untuk membentuk profil pelajar pancasila di SDN Pedurungan Kidul 01. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa SDN Pedurungan Kidul 01 kelas 1 semester 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan program sosial emosional pada lingkungan rutin dan integritas untuk membentuk profil pelajar Pancasila di SDN Pedurungan Kidul 01 adalah 1) Pembiasaan Rutin 2) Pembiasaan spontan 3) Pembiasaan keteladanan 4) Pengondisian yang efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan program sosial emosional membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, pembiasaan rutin dan spontan merupakan dua strategi utama yang dapat diimplementasikan pada program sosial emosional. Dalam pengembangan program sosial emosional membutuhkan keterlibatan semua pihak, yaitu guru, staf sekolah, orangtua, dan komunitas. Penciptaan lingkungan belajar positif dan suportif penting untuk mendukung pengembangan karakter dan nilai-nilai profil pelajar Pancasila siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nani Risnawati, Universitas PGRI Semarang

Ida Dwijayanti, Universitas PGRI Semarang

Tiyas Purnama Kartika Dewi, Universitas PGRI Semarang

References

Agustina, NIM, Mudzanatun, M., & Patonah, S. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kompetensi Sosial Emosional SDN Gadjahmungkur04. AS-SABIQUN, 5 (3), 659-668.

Batubara, H., & Zulhidah, Z. (2023). PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD SWASTA C9 SCHOOL PANGKALAN KERINCI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(03), 630-638.

Caires, S., Alves, R., Martins, Ȃ., Magalhães, P., & Valentec, S. (2023). Mempromosikan keterampilan sosio-emosional dalam pelatihan guru awal: program pendidikan emosional.

Ginanti, N. W., Solikin, A., & Nurrohman, H. (2017). Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Selat Kuala Kapuas. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 39-41.

Kemendikbudristek, K. (2021). Buku saku rapor pendidikan Indonesia untuk satuan pendidikan: rapot pendidikan indentifikasi, refleksi, benahi.

Lei, P. W., Zhao, H., Hart, S. C., Li, X., & DiPerna, J. C. (2023). Examination of Psychometric Evidence for Criterion-Referenced Scores from the SSIS SEL Brief Scales. Journal of Psychoeducational Assessment, 41(3), 311-327.

Noor, A., & Bulkan, B. (2019, July). The Meaningful Learning of The 1st and 2nd Values of Pancasila to Improve the Character for Indonesian Students. In 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018) (pp. 282-284). Atlantis Press.

Noor, A., & Bulkan, B. (2019, July). The Meaningful Learning of The 1st and 2nd Values of Pancasila to Improve the Character for Indonesian Students. In 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018) (pp. 282-284). Atlantis Press.

Nur, R. A. P., Truvadi, L. A., Agustina, R. T., & Salam, I. F. B. (2023). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 501-510.

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan pengukuran ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior jurnal, 13(1), 88-93.

Pristi, Lukitoyo., Riyan, Henu, Kurniawan. (2023). Implementation of the pancasila values towards implementation of the merdeka curriculum in Indonesian education system. JUPIIS (Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial), doi: 10.24114/jupiis.v15i1.44321)

Qoyyimah, U. (2016). Menanamkan pendidikan karakter melalui pengajaran EFL di sekolah negeri Indonesia. Pedagogi: Jurnal Internasional, 11 (2), 109-126.

Riccardo, Williams. (2023). "Fill the educator cup": utilizing educator collaboration, support, and training to better support students' social emotional learning. doi: 10.17760/d20467326)

Safitri, N., & Misyanto, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Konkret Kelas IIIB DI SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 42-54.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: ALFABETA.

Usop, D. S., & Astuti, A. D. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1782-1790.

Wulandari, C. A., Rahmaniati, R., & Kartini, N. H. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Improving Collaboration Skills and Learning Outcomes Using Teams Games Tournament Learning Models. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1-11.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Risnawati, N., Dwijayanti, I., & Dewi, T. P. K. . (2024). Pengembangan Program Sosial Emosional pada Lingkungan Rutin dan Integritas untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di SDN Pedurungan Kidul 01. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 84–92. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.7343