Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Metode Diskusi Kelompok Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-2 Pahandut Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.742Keywords:
Student Facilitator and Explaining, Diskusi Kelompok, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN-2 Pahandut dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia setelah menerapkan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN-2 Pahandut yang berjumlah 31 orang dimana terdapat 17 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik menjadi baik setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia, (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN-2 Pahandut semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dari pencapaian hasil belajar peserta didik pada hasil pre-test memperoleh nilai rata- rata 65,9 dan ketuntasan secara klasikal 45,16%, termasuk dalam kriteria belum tercapai. Kemudian pada siklus I meningkat yaitu dengan nilai rata- rata 71,74 dan ketuntasan secara klasikal 70,96%, juga masih termasuk dalam kriteria belum tercapai. Kemudian pada siklus II meningkat yaitu dengan nilai rata- rata 73,4 dan ketuntasan secara klasikal 90,32% atau 28 orang peserta didik yang tuntas belajar Bahasa Indonesia dalam materi “Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku”.
Downloads
References
Tukiran, Efi dan Harmianto, (2014). “Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif”. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License