Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Bowling Kampus
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7590Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Bowling KampusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripiskan aktivitas peserta didik dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mendeskripiskan aktivitas mengajar guru dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (3) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (4) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran dilaksanakan IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam satu siklus, siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran: (a) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,64 dengan kriteria baik, (b) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 3,75 dengan kriteria baik, (c) Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 3,67 dengan kriteria baik. (2) Meningkatkan hasil belajar: (a) Pra siklus memperoleh rata-rata 58,15 dengan persentase 18,5%, (b) Siklus I memperoleh rata-rata 86,30 dengan persentase 100%.
Downloads
References
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana-Prenada Media.
Aqib & Amrullah. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Andi
Damayanti, Veti. (2018) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Role Playing Pada Kelas III-B SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Djamarah,B.S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
FIRDANI, Alfia, et al. Persepsi Guru dalam Pembelajaran SBDP Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SDIT Bias Assalam Kota Tegal. 2017. PhD Thesis. Universitas Negeri Semarang.
Gulo, W. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Husna & Suryana. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Isti’adah, F.S. 2020. Teori - Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher
Kusumah & Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks Permata Puri Media
Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi dan Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery
Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Salahudin, Anas. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia
Setiawan, Deni., Purwanti, Eko., Sumilah., & Sutaryono. 2017. Pengetahuan Seni dan Gambar Ekspresi di Sekolah Dasar. Yogyakarta Nasional.
Shilphy A. Octavia, M.Pd (2020). Model – Model Pembelajaran. Sleman: CV BUDI UTAMA
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjiono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sumadoyo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggriyani, Wahyu Safitri, Hadi Wijaya, Ady Ferdian Noor, Iin Nurbudiyani, Nurul Hatmah, Muhamad Syahrudin, Putri Jamilatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License