Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Bowling Kampus

Authors

  • Anggriyani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Wahyu Safitri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Hadi Wijaya Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ady Ferdian Noor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0002-7603-8350
  • Iin Nurbudiyani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nurul Hatmah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhamad Syahrudin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Putri Jamilatun Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Herman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-0218-6980

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7590

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Bowling Kampus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripiskan aktivitas peserta didik dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mendeskripiskan aktivitas mengajar guru dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (3) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022, (4) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran  dilaksanakan  IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus kelas IV di SD Islam NU Palangka Raya Tahun tahun pelajaran 2021/2022.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam satu siklus, siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran: (a) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,64 dengan kriteria baik, (b) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 3,75 dengan kriteria baik, (c) Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 3,67 dengan kriteria baik. (2) Meningkatkan hasil belajar: (a) Pra siklus memperoleh rata-rata 58,15 dengan persentase 18,5%, (b) Siklus I memperoleh rata-rata 86,30 dengan persentase 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anggriyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Wahyu Safitri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Hadi Wijaya, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ady Ferdian Noor, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurul Hatmah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhamad Syahrudin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Putri Jamilatun, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Herman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana-Prenada Media.

Aqib & Amrullah. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Andi

Damayanti, Veti. (2018) Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Role Playing Pada Kelas III-B SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Djamarah,B.S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

FIRDANI, Alfia, et al. Persepsi Guru dalam Pembelajaran SBDP Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi di SDIT Bias Assalam Kota Tegal. 2017. PhD Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Gulo, W. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Husna & Suryana. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Isti’adah, F.S. 2020. Teori - Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher

Kusumah & Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks Permata Puri Media

Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi dan Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery

Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Salahudin, Anas. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia

Setiawan, Deni., Purwanti, Eko., Sumilah., & Sutaryono. 2017. Pengetahuan Seni dan Gambar Ekspresi di Sekolah Dasar. Yogyakarta Nasional.

Shilphy A. Octavia, M.Pd (2020). Model – Model Pembelajaran. Sleman: CV BUDI UTAMA

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjiono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sumadoyo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Anggriyani, Safitri, W., Wijaya, H., Noor, A. F., Nurbudiyani, I., Hatmah, N., Syahrudin, M., Jamilatun, P., & Herman. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Bowling Kampus . Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(Special-1), 19–24. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7590