Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Papan Buletin pada Peserta Didik Kelas VB
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7591Keywords:
Model Scramble, Papan Buletin, Hasil Belajar IPAAbstract
Pada proses pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode ceramah, guru tidak menggunakan model dan media pembelajaran dalam menunjang proses pembelajaran, proses pembelajaran hanya diarahkan pada kemampuan peserta didik untuk menghapal dan mengingat mater, proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dalam proses proses pembelajaran saat menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin; (2) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses proses pembelajaran saat menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin; (3) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Negeri 2 palangka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 4,33 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 4,63 dengan kategori baik; (2) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 4,22 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 4,52 dengan kategori baik; (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 67,36 dengan presentase 63,15% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 79,21 dengan presentase 89,47%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VB SD Negeri 2 Palangka.
Downloads
References
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Leutikaprio.
Gunawan, A. (2017). Pengembangan Model Belajar Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 16.
Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik sma negeri 1 lahusa.
Marjuki. (2020). Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pahlawani, I.G. (2018). Penggunaan Media Papan Buletin untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Kelas V. Jurnal PGSD, 6, 2258.
Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tahrim,T., dkk. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Windari Sabela, Qurrota A'yuni, Een Rose, Eko Cahyo Utomo, Fathul Zannah, Rita Rahmaniati, Fairuz Andhira Binadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License