Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Papan Buletin pada Peserta Didik Kelas VB

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7591

Keywords:

Model Scramble, Papan Buletin, Hasil Belajar IPA

Abstract

Pada proses pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode ceramah, guru tidak menggunakan model dan media pembelajaran dalam menunjang proses pembelajaran, proses pembelajaran hanya diarahkan pada kemampuan peserta didik untuk menghapal dan mengingat mater, proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dalam proses proses pembelajaran saat menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin; (2) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses proses pembelajaran saat menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin; (3) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Negeri 2 palangka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 4,33 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 4,63 dengan kategori baik; (2) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 4,22 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 4,52 dengan kategori baik; (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 67,36 dengan presentase 63,15% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 79,21 dengan presentase 89,47%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VB SD Negeri 2 Palangka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Windari Sabela, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Qurrota A'yuni, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Eko Cahyo Utomo, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fathul Zannah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fairuz Andhira Binadari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nurun Ni'mah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Leutikaprio.

Gunawan, A. (2017). Pengembangan Model Belajar Blended Learning Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 16.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik sma negeri 1 lahusa.

Marjuki. (2020). Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pahlawani, I.G. (2018). Penggunaan Media Papan Buletin untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Kelas V. Jurnal PGSD, 6, 2258.

Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tahrim,T., dkk. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Sabela, W., A’yuni, Q., Rose, E., Utomo, E. C., Zannah, F., Rahmaniati, R., Binadari, F. A., & Ni’mah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Papan Buletin pada Peserta Didik Kelas VB. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(Special-1), 1–8. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7591