Analisis Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7610Keywords:
Bahasa Indonesia, Kesulitan Menulis KaranganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis kesulitan menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia pada peserta didik kelas III-B SDN 4 Menteng Palangka Raya, dengan sub fokus penelitian untuk menganalisis kesulitan menulis karangan deskripsi jenis deskripsi tempat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitiannya adalah 3 peserta didik kelas III-B SDN 4 Menteng Palangka Raya yang kesulitan menulis karangan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan yaitu analisis data penelitian kualitatif secara induktif . Peneliti menggunakan data dari triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas data melalui beberapa sumber yaitu: guru wali kelas III-B, 3 orang tua peserta didik yang kesulitan dan 3 teman sejawat peserta didik yang kesulitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan menulis karangan pada peserta didik mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan oleh indikator: (1) Mengumpulkan data dengan mengamati objek atau tema yang akan dideskripsikan. (2) Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (sistematis) atau membuat kerangka karangan. (3) Menguraikan atau mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan deskripsi yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
Downloads
References
Abidin, Yunus. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Dalman, (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.
Dalman, (2018). Keterampilan Menulis.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Gunawan, Imam. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ismawati, Esti (2012) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Musyawir, M., & Loilatu, S. H. (2020). Kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa:(The ability to write a narrative essay based on students’ personal experiences). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 1-12.
Nurhuda, Asep.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Thesis Prodi Pendidikan Dasar, SPS UPI : Tidak Diterbikan.
Suparno dan Mohamad Yunus. (2016). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Syamsiyah, Nur. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan: CV. AE Media Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Obet Rahman Saleh, Andika Trsina, Lalu Medi Murdiansyah, Jhoni, Apriadiannur, Tazkiyatunnafs Elhawwa, Ahmad Syar'i, Anita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License