Analisis Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Main Article Content

Obet Rahman Saleh
Andika Trsina
Lalu Medi Murdiansyah
Jhoni
Apriadiannur
Tazkiyatunnafs Elhawwa
Ahmad Syar'i
Anita
Amelia Dwi Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis kesulitan menulis karangan deskripsi bahasa Indonesia pada peserta didik kelas III-B SDN 4 Menteng Palangka Raya, dengan sub fokus penelitian untuk menganalisis kesulitan menulis karangan deskripsi jenis deskripsi tempat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitiannya adalah 3 peserta didik kelas III-B SDN 4 Menteng Palangka Raya yang kesulitan menulis karangan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan yaitu analisis data penelitian kualitatif secara induktif . Peneliti menggunakan data dari triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas data melalui beberapa sumber yaitu: guru wali kelas III-B, 3 orang tua peserta didik yang kesulitan dan 3 teman sejawat peserta didik yang kesulitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan menulis karangan pada peserta didik mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan oleh indikator: (1) Mengumpulkan data dengan mengamati objek atau tema yang akan dideskripsikan. (2) Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (sistematis) atau membuat kerangka karangan. (3) Menguraikan atau mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan deskripsi yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saleh, O. R., Trsina, A., Murdiansyah, L. M., Jhoni, Apriadiannur, Elhawwa, T., Syar’i, A., Anita, & Astuti, A. D. . (2023). Analisis Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(Special-1), 25–32. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7610
Section
Articles
Author Biographies

Obet Rahman Saleh, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Andika Trsina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lalu Medi Murdiansyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Jhoni, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya\

Apriadiannur, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Tazkiyatunnafs Elhawwa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ahmad Syar'i, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Anita, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Amelia Dwi Astuti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abidin, Yunus. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Dalman, (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Dalman, (2018). Keterampilan Menulis.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gunawan, Imam. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ismawati, Esti (2012) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Musyawir, M., & Loilatu, S. H. (2020). Kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi siswa:(The ability to write a narrative essay based on students’ personal experiences). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 1-12.

Nurhuda, Asep.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Thesis Prodi Pendidikan Dasar, SPS UPI : Tidak Diterbikan.

Suparno dan Mohamad Yunus. (2016). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Syamsiyah, Nur. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan: CV. AE Media Grafika.