Analisis Keefektifan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kapuas

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7638

Keywords:

Keefektifan Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui analisis keefektifan pembelajaran tematik kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kabupaten Kapuas. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari reduksi data, display data, pengambilan data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kabupaten Kapuas mengacu terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik pada umumnya dimana memuat tentang tema, identitasmata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator, tujuan pembelajaran, alat atau bahan dan penilaian. Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kabupaten Kapuas dinilai berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan awal yang tertuang dalam perencanaan pembelajaran atau RPP. Efektivitas pembelajaran tematik yang telah dilaksanakan sudah efektif. Ini dapat dilihat dari proses pelaksanaan yang sesuai dengan RPP yang telah dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tukilah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Zidnatul Musarapah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Puji Indias Tuti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fathul Zannah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhammad Andi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Alpian, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dwi Sari Usop, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.

Al-Tabany, Triyanto, Ibnu, Badar. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prenamedia Group.

Ali, M. (2013). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa.

Echols, J.M & Shadily H. (2013). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia

Fatchurrohman. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integrasi Eksternal dan Internal. Jakarta: Bumi Aksara,

Kunandar. (2012). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik, Jurnal Penelitian, Vol 4 No.1

Munasik, (2014) Kemampuan Guru Sekolah Dasar Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah. Jakarta: Prenamedia Grup,

Rahardjo, M. (2013). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif . Malang: Bayu Media.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Sugiyono (2015), Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2013) Desain Pengembangan Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahidmurni (2017), Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif, Universitas Maulana Malik Ibrahim

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Tukilah, Musarapah, Z. ., Tuti, P. I. ., Zannah, F. ., Nurbudiyani, I., Setiawan, M. A., Alpian, & Usop, D. S. (2023). Analisis Keefektifan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kapuas. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(Special-1), 33–38. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7638