Analisis Keefektifan Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kapuas
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7638Keywords:
Keefektifan Pembelajaran TematikAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui analisis keefektifan pembelajaran tematik kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kabupaten Kapuas. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari reduksi data, display data, pengambilan data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kabupaten Kapuas mengacu terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik pada umumnya dimana memuat tentang tema, identitasmata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator, tujuan pembelajaran, alat atau bahan dan penilaian. Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IV di SDS Muhammadiyah Selat Kabupaten Kapuas dinilai berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan awal yang tertuang dalam perencanaan pembelajaran atau RPP. Efektivitas pembelajaran tematik yang telah dilaksanakan sudah efektif. Ini dapat dilihat dari proses pelaksanaan yang sesuai dengan RPP yang telah dibuat.
Downloads
References
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.
Al-Tabany, Triyanto, Ibnu, Badar. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prenamedia Group.
Ali, M. (2013). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa.
Echols, J.M & Shadily H. (2013). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia
Fatchurrohman. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integrasi Eksternal dan Internal. Jakarta: Bumi Aksara,
Kunandar. (2012). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik, Jurnal Penelitian, Vol 4 No.1
Munasik, (2014) Kemampuan Guru Sekolah Dasar Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah. Jakarta: Prenamedia Grup,
Rahardjo, M. (2013). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif . Malang: Bayu Media.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta : Literasi Media Publishing.
Sugiyono (2015), Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta.
Trianto. (2013) Desain Pengembangan Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahidmurni (2017), Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif, Universitas Maulana Malik Ibrahim
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tukilah, Zidnatul Musarapah, Puji Indias Tuti, Fathul Zannah, Iin Nurbudiyani, Muhammad Andi Setiawan, Alpian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License