Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 2 Menteng Palangka Raya

Authors

  • Dewi Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Windari Sabela Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0009-0006-7644-5470
  • Novia Dwi Cahya Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-0887-0556
  • Ahmad Syar'i Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Januarti Dwi Lestari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Usman Munir Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Gusmalinda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7803

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pembelajaran Tematik

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Siswa tidak selamanya mampu menunjukkan prestasi belajar yang baik dan maksimal seperti yang diharapkan orang tua dan guru. Artinya, prestasi belajar siswa tidak akan selamanya baik, dan juga tidak akan selamanya buruk. Hal ini disebabkan, pencapaian prestasi belajar pada siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk faktor siswa itu sendiri, lingkungan, saran, dan prasarana belajar dan pembelajaran, serta interaksi seluruh faktor tersebut dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar tersebut apabila dapat dipenuhi dan diperhatikan dengan baik dapat menunjang prestasi belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Menteng Palangkaraya. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru dan kepala sekolah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengampilan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang lebih difokuskan untuk mendeskripsikan keadaan sifat atau hakikat nilai suatu objek atau gejala tertentu. Metode penelitian kualitatif melibatkan peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diambil berupa kata-kata, gambar, dan informasi yang ditemukan dari lapangan. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal Menunjukkan sikap yang kurang wajar, Pencapaian akademik siswa rendah, Kesulitan membuat pemahaman baru, Siswa lamban dalam memproses sesuatu, Siswa sulit mengenali atau menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat, Siswa kurang memperhatikan atau kurang fokus dalam belajar, Sulit untuk mengingat materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Windari Sabela, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Novia Dwi Cahya, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ahmad Syar'i, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Januarti Dwi Lestari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Usman Munir, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Gusmalinda, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Ain, N. (2017). Holistic Thematic Learning in the Elementary School: Is It Thematic and Holistic? 871–880. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.99

M.Si, D. H. Z. A., S. I. K. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep Landasan,dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta :Kencana

Yusrina, H., Yamtinah, S., & Rintayati, P. (2018). Implementation of Thematic Learning on Curriculum 2013 in 4th Grade Elementary School. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(0), Article 0. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.19822

Zega, J., & Zebua, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 664–674. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17974

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Sari, D. P., Sabela, W., Cahya, N. D., Rahmaniati, R., Syar’i, A., Lestari, J. D., Munir, U., & Gusmalinda. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 2 Menteng Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(Special-1), 48–53. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7803