Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 2 Menteng Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18iSpecial-1.7803Keywords:
Kesulitan Belajar, Pembelajaran TematikAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Siswa tidak selamanya mampu menunjukkan prestasi belajar yang baik dan maksimal seperti yang diharapkan orang tua dan guru. Artinya, prestasi belajar siswa tidak akan selamanya baik, dan juga tidak akan selamanya buruk. Hal ini disebabkan, pencapaian prestasi belajar pada siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk faktor siswa itu sendiri, lingkungan, saran, dan prasarana belajar dan pembelajaran, serta interaksi seluruh faktor tersebut dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar tersebut apabila dapat dipenuhi dan diperhatikan dengan baik dapat menunjang prestasi belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Menteng Palangkaraya. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru dan kepala sekolah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengampilan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang lebih difokuskan untuk mendeskripsikan keadaan sifat atau hakikat nilai suatu objek atau gejala tertentu. Metode penelitian kualitatif melibatkan peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diambil berupa kata-kata, gambar, dan informasi yang ditemukan dari lapangan. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal Menunjukkan sikap yang kurang wajar, Pencapaian akademik siswa rendah, Kesulitan membuat pemahaman baru, Siswa lamban dalam memproses sesuatu, Siswa sulit mengenali atau menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat, Siswa kurang memperhatikan atau kurang fokus dalam belajar, Sulit untuk mengingat materi pelajaran.
Downloads
References
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Ain, N. (2017). Holistic Thematic Learning in the Elementary School: Is It Thematic and Holistic? 871–880. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.99
M.Si, D. H. Z. A., S. I. K. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep Landasan,dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta :Kencana
Yusrina, H., Yamtinah, S., & Rintayati, P. (2018). Implementation of Thematic Learning on Curriculum 2013 in 4th Grade Elementary School. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(0), Article 0. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.19822
Zega, J., & Zebua, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 664–674. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17974
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Puspita Sari, Windari Sabela, Novia Dwi Cahya, Rita Rahmaniati, Ahmad Syar'i, Januarti Dwi Lestari, Usman Munir, Gusmalinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License