Inovasi Pendidikan Melalui P5: Menguatkan Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.7947

Keywords:

Inovasi Pendidikan, P5

Abstract

Inovasi pendidikan menjadi kebutuhan mendesak dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perubahan sosial yang pesat. Di Indonesia, Kurikulum Merdeka diperkenalkan sebagai upaya untuk memperkuat kualitas pendidikan dengan menekankan pada fleksibilitas pembelajaran dan penguatan karakter siswa. Salah satu elemen inti dalam Kurikulum Merdeka adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang dirancang untuk membentuk siswa yang memiliki karakter kuat, kreatif, kritis, dan mampu bekerja sama dalam keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran P5 sebagai inovasi pendidikan dalam membangun karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta mengkaji tantangan dan peluang dalam implementasi P5, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menggali konsep-konsep terkait inovasi pendidikan melalui P5: menguatkan karakter siswa dalam kurikulum merdeka, dengan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui P5, sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka, dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proses pembelajaran melalui pendekatan proyek yang interaktif dan kontekstual. Meskipun memiliki potensi besar dalam membentuk karakter siswa, implementasi P5 dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, kesiapan guru, dan resistensi terhadap perubahan. Namun, dukungan kebijakan pemerintah dan peluang untuk meningkatkan kolaborasi komunitas serta pemberdayaan siswa menawarkan jalan keluar yang dapat mengoptimalkan penerapan P5. Dampak P5 terhadap pembentukan karakter siswa terlihat signifikan, dengan peningkatan kesadaran sosial, penguatan identitas kebangsaan, dan pengembangan keterampilan hidup yang esensial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa P5 memiliki potensi besar sebagai alat pendidikan yang efektif dalam membentuk generasi muda yang berkarakter kuat dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, meskipun masih memerlukan upaya lebih lanjut untuk mengatasi tantangan-tantangan dalam implementasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fathul Zannah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Ahmad Syarif, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113.

Haq, A. A., Rahayu, D., Denoya, N. A., & Fitrian, S. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri 18 Kota Padang. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 194–199.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88.

Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 Untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1–8.

Siswanto, D. H., Samsinar, S., Alam, S. R., & Andriyani, A. (2024). Peran Kompetensi Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. DIDAXEI, 5(1), 763–773.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Purtina, A., Zannah, F. ., & Syarif, A. (2024). Inovasi Pendidikan Melalui P5: Menguatkan Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 147–152. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.7947