Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Paket C di PKBM Walidayna
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8165Keywords:
model pembelajaran kolaboratif, hasil belajar, Bahasa InggrisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif tipe Learning Together terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris Paket C di PKBM Walidayna. Rendahnya hasil penilaian siswa Paket C di PKBM Walidayna menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dua kelas, masing-masing dengan tiga puluh dan dua puluh tujuh siswa, digunakan sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini. Kelas kontrol juga disertakan, dan dipilih secara acak. SPSS versi 23 digunakan untuk pengujian dalam rangka pengumpulan data. Uji reliabilitas dan validitas digunakan dalam prosedur pengelolaan data. Untuk uji linearitas, homogenitas, normalitas, dan regresi linier berganda dalam analisis data. Temuan penelitian Setelah melakukan Uji Regresi Linier Berganda untuk kedua kelas dan memperoleh hasil 0,002 < 0,05, hasil uji hipotesis untuk pengaruh ini dievaluasi, dan ha diterima dan ho ditolak. 36% hasil pembelajaran dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran kolaboratif Belajar Bersama, sedangkan faktor-faktor lain menyumbang 64% variasi hasil pembelajaran Bahasa Inggris lainnya.
Downloads
References
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.
Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.87
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Dhitasarifa, I., Yuliatun, A. D., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 8 Semarang. Seminar Nasional IPA, 684–694. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2358%0A
Geitz, G., & de Geus, J. (2019). Design-based education, sustainable teaching, and learning. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1647919
Gendro, et al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).
Harismayanti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas XI IPA.2 Materi Ketrampilan Speaking Di SMA Negeri 10 Aceh Barat Daya. Jurnal Serambi Akademica, 9(5), 657–666. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/5130
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri (2012), 12–21. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359
Husain, R. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C (Studi Di Skb Kota Gorontalo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri …, 1(2012), 12–21. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/download/396/359
Husein, M. Bin. (2020). Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Cahaya Pendidikan, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2381
Nirwani, S. D. N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sains Melalui Model Pembelajaran Learning Together (Lt) Siswa Kelas I Sd Negri 121/I Muara Singoan. Jurnal Education of Batanghari, 2(11), 38–48.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rahmi Muliani, S.Pd; Alfi triari, S.Pd; Eka Pasca Surya Bayu, M. P. (2020). Modul Tema 9 Modul Tema 9. 40.
Sartika, R. D., Gulo, E. H., & Pradathidina, C. G. (2021). Model Pembelajaran Collaborative Learning Di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Bagi Masyarakat Di Daerah, 1(20), 55–65.
Setiawan, C. K., Yanthy, S., Mahasiswa, Y., Dosen, D., & Unsurya, M. (2020). THE BODY SHOP INDONESIA (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Sumarsan. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.
Sunu, I. G. K. A. (2021). Mengelola E-Learning Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol., 9(2), 318–330. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34135
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Widjajanti, D. B. (2008). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika 2008, 5, 1–10. https://eprints.uny.ac.id/6910/1/P-8 Pendidikan (Djamilah).pdf
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian
Zhang, Q., Lin, S., Liu, J., & Jin, Y. (2022). A game perspective on collaborative learning among students in higher education. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2115617
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fauzi Kurniawan, Joane Janette Sianipar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License