Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit
Implementation of PKn Learning to Shape Character Personality at Muhammadiyah Elementary School Sampit
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.828Keywords:
Pembelajaran PKN, BerkarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter pada mata pelajaran kewarganegaraan. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif (penelitian lapangan) studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, obserasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Miles Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pelaksanaan perencanaan pembelajaran karakter mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Muhammadiyah Sampit sudah cukup baik. Hanya saja kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah minimnya pengetahuan guru tentang metode-metode yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Jadi seharusnya guru tidak hanya menggunakan satu metode saja dalam melaksanakan pendidikan karakter. Selama ini pendidikan karakter hanya dilaksanakan tanpa ada evaluasi yang jelas yang dibuat oleh sekolah ataupun oleh guru. Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Muhammadiyah Sampit secara garis besar sudah dilaksanakan dengan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan yang utamanya adalah tidak adanya evaluasi pembelajaran pendidikan karakter, yang merupakan bagian penting dalam sistem pembelajaran.
Downloads
References
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muchlas Samani dkk.2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Samani, Muchlas dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sapriya. 2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. DIRJEN PENDIS KEMENAG RI.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sukardjo. 2009. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sutarjo Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pres
Udin S. Winataputra. 2008. Pembelajaran PKN di SD. Jakarta: Unversitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License