Pengaruh Model Pembelajaran Diagnostic terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya

The Influence of Diagnostic Learning Model on Reading Ability of Grade V Students of SDN 4 Menteng Palangka Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.831

Keywords:

model pembelajaran diagnostic, kemampuan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran diagnostic terhadap kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas VSDN 4 Menteng Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model Untuk membuktikanpembelajaran diagnostic terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VSDN 4 Menteng Palangka Raya, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 17,87 selanjutnya di konsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan db N-1=10 - 1= 9 yaitu sebesar 2,262, maka t hitung > t table. Dengan demikian koefisien t hitung sebesar 17,87 adalah signifikan pada pada taraf signifikan 5%. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif Ha yang berbunyi Model pengajaran diagnostik berpengaruh dalam meningkatkan kemampaun membaca pemahamanpeserta didik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Sedangkan H0 yang berbunyi “ model pengajaran diagnostik tidak berpengaruh dalam meningkatkan kemampaun membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2017/2018” ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annie Oktaviani, (2014), Pengertian Bahasa indonesia dalam htto://www.wikipedia.org
Alieva, (1991), Bahasa Indonesia : Deskripsi dan Teori. Yogyakarta : Kanisius
Bintang Kecil, (14-02-2013), Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca
Dendy Sugono, (2007), Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta,: Pusat Bahasa
Erlangga, (2007), Bina Bahasa Indonesia, Jakarta : Tim Bina Karya Guru
Hasbullah, (2006), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grapindo Persada
Margono, S, (2003), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
M, Thoifuri, (2007), Menjadi Guru Inisiator. Semarang : Media Group
Muktar dan Rusmini, (2008). Pengajaran Remedial Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa, Jakarta : Nimas Multima
Nazir, (2005), Model Penelitian. Ciawi-Bogor Selatan: Galia Indonesia
Rosdi Ruslan, (2003), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo
Sabri Ahmad, (2007), Strategi Belajar Megajar Mico Teaching, Penerbit Quantum Teaching : Jakarta
Santoso,dkk , (2004),Fungsi bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa
Sudarmayanti & Sariffudin Hidayat,(2002), Metodologi Penelitian. Bandung : CV Mandar Maju
Sudijono Anas, (2009), Pengantar Evaluasi Pendidikan,Jakarta : PT Raja Grapindo Persada
Sudjana, N, (2005), Dasar-dasar Proses Balajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru
Sugiyono, (2007), Statistik Untuk penelitian, Bandung : CS Alfabeta
SuharsimiArikunto, (2006), Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta
Sukardi,( 2003), Metodologi Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta
Surapranata, (2005), Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interprestasi Hasil tes,Bandung : PT Remaja Rosdakarya OFFSET

Downloads

Published

2019-03-04

How to Cite

Hendri, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Diagnostic terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya: The Influence of Diagnostic Learning Model on Reading Ability of Grade V Students of SDN 4 Menteng Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 43–51. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.831