Pengaruh Model Pembelajaran Diagnostic terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya
The Influence of Diagnostic Learning Model on Reading Ability of Grade V Students of SDN 4 Menteng Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.831Keywords:
model pembelajaran diagnostic, kemampuan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran diagnostic terhadap kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas VSDN 4 Menteng Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model Untuk membuktikanpembelajaran diagnostic terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VSDN 4 Menteng Palangka Raya, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 17,87 selanjutnya di konsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan db N-1=10 - 1= 9 yaitu sebesar 2,262, maka t hitung > t table. Dengan demikian koefisien t hitung sebesar 17,87 adalah signifikan pada pada taraf signifikan 5%. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif Ha yang berbunyi Model pengajaran diagnostik berpengaruh dalam meningkatkan kemampaun membaca pemahamanpeserta didik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Sedangkan H0 yang berbunyi “ model pengajaran diagnostik tidak berpengaruh dalam meningkatkan kemampaun membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 4 Menteng Palangka Raya Tahun pelajaran 2017/2018” ditolak.
Downloads
References
Alieva, (1991), Bahasa Indonesia : Deskripsi dan Teori. Yogyakarta : Kanisius
Bintang Kecil, (14-02-2013), Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca
Dendy Sugono, (2007), Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta,: Pusat Bahasa
Erlangga, (2007), Bina Bahasa Indonesia, Jakarta : Tim Bina Karya Guru
Hasbullah, (2006), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grapindo Persada
Margono, S, (2003), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
M, Thoifuri, (2007), Menjadi Guru Inisiator. Semarang : Media Group
Muktar dan Rusmini, (2008). Pengajaran Remedial Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa, Jakarta : Nimas Multima
Nazir, (2005), Model Penelitian. Ciawi-Bogor Selatan: Galia Indonesia
Rosdi Ruslan, (2003), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo
Sabri Ahmad, (2007), Strategi Belajar Megajar Mico Teaching, Penerbit Quantum Teaching : Jakarta
Santoso,dkk , (2004),Fungsi bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa
Sudarmayanti & Sariffudin Hidayat,(2002), Metodologi Penelitian. Bandung : CV Mandar Maju
Sudijono Anas, (2009), Pengantar Evaluasi Pendidikan,Jakarta : PT Raja Grapindo Persada
Sudjana, N, (2005), Dasar-dasar Proses Balajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru
Sugiyono, (2007), Statistik Untuk penelitian, Bandung : CS Alfabeta
SuharsimiArikunto, (2006), Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta
Sukardi,( 2003), Metodologi Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta
Surapranata, (2005), Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interprestasi Hasil tes,Bandung : PT Remaja Rosdakarya OFFSET
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License