Pembelajaran Asam Basa menggunakan LKS Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Weblog untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Acid-Base Learning uses LKS Based on 7E Learning Cycle Assisted by Weblog to Train Students' Critical Thinking Skills
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.832Keywords:
learning cycle 7E, weblog, keterampilan berpikir kritis, asam basaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran learning cycle 7E (LC 7E) berbantuan weblog pada materi asam basa dalam melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain one group pretest–posttest only. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA pada salah satu SMA di Kota Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Data hasil pre-test dan post-test kemudian dihitung gain score (Hake, 1998) untuk masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> keterampilan berpikir kritis evaluasi 0,76 dengan kriteria tinggi dan penjelasan 0,76 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran asam basa dengan LC 7E berbantuan weblog secara signifikan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Dahar, R.W. (2011).Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Facione. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposesof Educational Assessment and Instruction. California: Santa Clara University. (ERIC Document Reproduction Service)
Fajaroh, F. & Dasna, I.W. (2005). Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Adiktif Dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas I SMU Negeri 1 Tumpang Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), hlm. 112-122
Fajaroh dan Dasna. (2009). Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). (Online).(http://sahaka.multiply.com/journal/item/29/pembelajaran-dengan_model_siklus_belajar_learning_cycle). Diakses 1 Mei 2017
Fisher, Alec. (2007). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terjemahan oleh Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga
Hake, R.R. (1998). Interactive-engangement versus tradisional methods: A Sis-thousand-student Survey of Mechanics Test Data for Introductory physics course. America: The American Journal of Physics Teacher
Kemendikbud. (2013). Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online). http://litbang.kemdikbud.go.id/site/index.php/home2-4/233-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21. Diakses 15 Oktober 2018.
Kemendikbud. Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Kemendikbud. No.0490/U/1992. Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Liliasari. (2002). Pengembangan Model Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Strategi Kognitif Mahasiswa Calon Guru dalam Menerapkan Berpikir konseptual Tingkat Tinggi. Laporan Penelitian Hibah Bersaing IX Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2001-2002. Bandung: FMIPA UPI.
Lorsbach, A. W. (2002). The Learning Cycle As A Tool For Planning Sience Instruction. (Online). Tersedia di: http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/Lorsbach2571rcy.htm. Diakses 15 Oktober 2018.
Liliasari. (2002). Pengembangan Model Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Strategi Kognitif Mahasiswa Calon Guru dalam Menerapkan Berpikir konseptual Tingkat Tinggi. Laporan Penelitian Hibah Bersaing IX Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2001-2002. Bandung: FMIPA UPI.
Lorsbach, Anthony W. (2008). The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Instruction. Illinois State University. (Online), (http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/lorsbach/257lrcy.htm), diakses 2 Mei 2017.
Mariya, Lika. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Learning Cycle 7-E Materi Pemanasan Global Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Universitas Bandar Lampung. (Online), (snf-unj.ac.id/index.php/download_file/view/462/185/pdf). Diakses 2 Mei 2017.
Mecit, O. (2006). “The Effect of 7E Learning Cycle Model on The Improvement of Fifth Grade Students’ Critical Thinking Skills”. Doctoral Dissertation, Middle East Technical University.
Mukhadis, Amat. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi.(online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1434), diakses tanggal 11 Oktober 2018.
Munir, (2012). Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Qulud, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Arjawinangun. Scientiae Educatia Volume 5 Nomor 1 Tahun 2015.
Sadia, I Wayan. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Scriven, M., & Paul, R. (2007). Defining Critical Thinking. The Critical Thinking Community: Foundation for Critical Thinking. (Online).Tersedia di: http://www.criticalthinking.org/aboutCT/define_critical_thinking.cfm. Diakses 15 September 2018
Sornsakda, S., Suksringarm, P., & Singseewo, A. (2009). Effects of Learning Environmental Education Using the 7E-Learning Cycle with Metacognitive Technique and Theachers Handbook Approaches on Learning Achievment, Integrated Science Process Skills and Critical Thinking of Mathayomsuksa 5 Students with Different Learning Achievment. Pakistan Journal of Social Sciences. 6 (5), hlm. 297-303
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Yanuarti, Nourma Rosalina dan Azizah, Utiya. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Learning Cycle 7-E pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 2, No. 2, pp. 32-38 May 2013, ISSN: 2252-9454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License