Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Ispring pada Pembelajaran PAI Kelas IV di SDN Percobaan Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8329Keywords:
E-modul, Ispring, KelayakanAbstract
Penelitian ini didasari oleh latarbelakang Guru PAI di SDN Percobaan Palangka Raya belum pernah mengembangkan media bahan ajar. Peserta didik merasa bosan dengan bahan ajar yang tersedia karena masih tergolong monoton, dan sulit dipahami. Maka diperlunya suatu proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan khususnya pada mata pelajaran PAI, yang mana menganggap bahwa mata pelajaran PAI adalah pelajaran yang membosankan. Dengan tujuan 1) Untuk menghasilkan pengembangan E-modul menggunakan aplikasi ispring pada pembelajaran PAI kelas IV SDN Percobaan Palangka Raya. 2) Untuk mengetahui kelayakan E-modul menggunakan aplikasi ispring pada efektivitas pembelajaran PAI kelas IV SDN Percobaan Palangka Raya. 3) Untuk mengetahui respons peserta didik dan pendidik tentang E-modul menggunakan aplikasi ispring pada pembelajaran PAI kelas IV SDN Percobaan Palangka Raya. Hasil penelitian ini pengembangan media pembelajaran ispiring yang dikembangkan oleh peneliti masuk ke dalam kategori layak dengan hasil validasi kelayakan e-modul sebesar 80% validasi pendidik 85% dan siswa 80% sehingga media pembelajaran iSpring Suite pembelajaran dinyatakan layak digunakan setelah dianalisis melalui hasil validasi dan peningkatan minat belajar peserta siswa yang dilihat dari angket respon siswa terhadap media pembelajaran.
Downloads
References
Ariyanti, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Education and Development, 8(2), 381–381.
Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.
Azis, A. (2021). Perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis IT.
Batubara.(2021). Media Pembelajaran Digital
Borg, & Gall. (1983). Educationai research: An introduction. In: New York Longman.
Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 84–96.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berpendekatan CTL pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1–16.
Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya: Training for Increasing Teachers’ Competence in Making IT-Based Learning Media at SMP Palangka Raya Muhammadiyah. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 652–663.
Humaedi, H., & Hartono, R. (2021). kebijakan pendidikan islam di indonesia 1950-2013 (analitis alokasi waktu pelajaran pai pada sekolah umum). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 317–333.
Jasiah, J. (2017). Pemanfaatan Internet pada Matakuliah Ilmu Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 65–86.
Kembang, I. M., & Arsya, F. (2023). pengembangan modul pembelajaran pai berbasis saintifik pada materi puasa ramadhan kelas 5 di sd n 06 ladang padi kabupaten solok. jurnal ilmiah research student, 1(1), 202–212.
Lestari, K. D., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan modul ajar storyboard berbasis projeck based learning untuk siswa kelas xi multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 8(2), 309–318.
Lestari, R., Jasiah, J., Rizal, S. U., & Syar, N. I. (2023). Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 34–43.
Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 183–196.
Mahmudah, I., Sulistyowati, S., & Jasiah, J. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 727–732.
Mardiansyah, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan iSpring Suite Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP.
Maulida, M. H., & Nasrah, S. (2022). Efektivitas Manajemen Pembelajaran Melalui Perancangan E-Modul pada Sekolah Menegah Kejuruan. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 1–14.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Mazrur, M. (2023). Inovasi Pembelajaran PAI berbasis IT. K-Media, Yogyakarta. ISBN 978-623-174-240-7
Munir, M., Syar’i, A., & Muslimah, M. (2021). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Tengah Arus Perkembangan Teknologi Digital. 1(1).
Normuslim, N. (2023). Pendidikan Islam multikultural.
Nursafitri, L., Widaryanto, W., & Zubaidi, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 91–99.
Oktavia, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Berbasis Web di SMK Negeri 2 Wajo.
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker berbasis pendekatan saintifik pada materi menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60–65.
Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan pembuatan media evaluasi dengan menggunakan ispring di sma wisuda kota pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24–33.
Rhomadhoni, C. S., & Sulaikho, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 1–17.
Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur: Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 123–131.
Rizal, S. U., Hamdi, H., & Hikmah, N. (2023). Digitalisasi Pembelajaran PAI dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 3(1). The 3nd Annual Conference on Islamic Religius Education, Lombok, 2023
Rizal, S. U., Hikmah, N., & Anshari, M. R. (2022). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 2 Kota Palangka Raya. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 134–138.
Rizal, S. U., Maulana, D., & Mazrur, M. (2021). Pengembangan computer based instructional materi “haji” di Madrasah Aliyah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 144–155.
Roziqin, M. K., & Khanif, M. F. (2022). Pengembangan Modul Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Jenazah di Kelas VI. CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(01), 96–105.
Sahiba, A., & Hartati, Z. (2022). Implementasi Metode Keteladanan Guru dalam Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa. islamika, 4(1), 79–88.
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.
Suhartini, T., & Rizal, S. U. (2023). penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pai. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(2), 1382–1389.
Supriadi, G., & Azis, A. (2023). kompetensi guru pendidikan agama islam dalam menyusun perangkat pembelajaran di kalimantan tengah: Islamic Education Teachers’ Competence In Compiling Learning Tools In Kalimantan Tengah. Anterior Jurnal, 22(1), 94–98.
Tamrin, M. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Pendekatan Scientific Kelas IV Sekolah Dasar. Tazakka: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(01), 53–61.
Umam, I. M., & Sulaikho, S. (2021). Feasibility of android-based iSpring suite learning media in Fiqh subjects. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 5(1), 122–131.
Yuliani, N. (2020). hasil belajar pendidikan agama islam menggunakan media dan cara mengajar guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Resti Nur Anisa, Setria Utama Rizal, Nurul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License