Program Sekolah Moderasi Sebagai Upaya Menciptakan Kerukunan antar Umat Beragama (Studi pada Forum Kerukunan Umat Beragama Kalimantan Tengah)

Authors

  • Daryana Daryana Universitas Palangka Raya
  • Saifullah Darlan Universitas Palangka Raya
  • Mistrita Mistrita Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8346

Keywords:

Kerukunan Umat Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Sekolah Moderasi dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama yang beragam etnis dan agama di Kalimantan Tengah. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode kualitaif, informannya terdiri pengurus Forum Kerukunan Umat beragama Kalimantan Tengah dan masyarakat yang mengikuti sekolah moderasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, display data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa: (1). Pelaksanaan program Sekolah Moderasi Forum Komunikasi Umat Beragama Kalimantan Tengah telah dilaksanakan dengan baik karena didukung pemateri yang kompeten, materi yang relevan, dan media pembelajaran yang efektif, walaupun dari segi alat evaluasi masih perlu dikembangkan; (2). Terdapat kendala dalam pelaksanaan program Sekolah Moderasi seperti kecilnya dana untuk penyelenggaraan, belum adanya kurikulum secara permanen, dan kurangnya buku-buku pendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Daryana Daryana, Universitas Palangka Raya

Saifullah Darlan, Universitas Palangka Raya

Mistrita Mistrita, Universitas Palangka Raya

References

Anonim. (2024). Kalimantan Tengah Dalam Angka. Palangka Raya: BPS Prov. Kalteng.

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan.

Artariah, A. (2024). Strategi Tokoh Agama dalam Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Indonesia. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 176-188.

Jasiah, J., Triadi, D., Riwun, R., Roziqin, M. A., Khofifah, K., Aldianor, A., ... & Palias, S. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Huma Tabela di Desa Tumbang Tanjung. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 493-500.

Lincoln, Yvonna S, dan Egon G. Guba. (1985). Naturalistik Inquiry, California Amireka: Sage Publication.

Miles, B. Matthte dan Huberman., A. Michaell., Saldana, Johnny. (2014). Quaitative Data Analysis. A. Methods Sourcebook, Edition 3. London: SAGE Publication, Inc.

Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88.

Neuman, W. Lawrence. (2016). Metodologi Penelitian Sosial. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7 (Terjemahan Edina T. Sofia). Jakarta : PT. Indeks.

Nurhaida. (2018). Pengunaan Media Bahan Ajar Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora.

Rambe, T., & Sari, S. M. (2022). Moderasi Beragama Di Kota Medan: Telaah Terhadap Peranan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Medan. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 5(2), 84-101.

Sukodoyo, S., Widiyono, W., Medhacitto, T. S., & Setyaningsih, S. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 8(2), 239-253.

Sholikah, S. A., & Sholikah, S. A. (2020). Evaluasi Penerapan Moderasi Beragama Terhadap Sikap Beragama Peserta Didik di SMP PGRI Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6, 107-27.

Strauss, Anselm & Corbin, Juliet. (2017). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Cetakan V. (Terjemahan Muhammad Shodiq & Imam Muttaqien). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182-194.

Wainarisi, Y. O. R., Wilson, W., Telhalia, T., Aloysius, A., & Neti, N. (2023). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Inklusif Gereja: Pengabdian Kepada Masyarakat Di Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 4(1), 42-64.

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140.

Wibowo, M. A., Arifinsyah, A., Annisa, T., Fauziah, D., & Muhaimin, M. (2024). Peran Kantor Urusan Agama (KUA) Percut Sei Tuan dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama. Jurnal Pendidikan

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Daryana, D., Darlan, S., & Mistrita, M. (2024). Program Sekolah Moderasi Sebagai Upaya Menciptakan Kerukunan antar Umat Beragama (Studi pada Forum Kerukunan Umat Beragama Kalimantan Tengah). Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 93–101. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8346