Program Sekolah Moderasi Sebagai Upaya Menciptakan Kerukunan antar Umat Beragama (Studi pada Forum Kerukunan Umat Beragama Kalimantan Tengah)
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8346Keywords:
Kerukunan Umat BeragamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Sekolah Moderasi dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama yang beragam etnis dan agama di Kalimantan Tengah. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode kualitaif, informannya terdiri pengurus Forum Kerukunan Umat beragama Kalimantan Tengah dan masyarakat yang mengikuti sekolah moderasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, display data, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa: (1). Pelaksanaan program Sekolah Moderasi Forum Komunikasi Umat Beragama Kalimantan Tengah telah dilaksanakan dengan baik karena didukung pemateri yang kompeten, materi yang relevan, dan media pembelajaran yang efektif, walaupun dari segi alat evaluasi masih perlu dikembangkan; (2). Terdapat kendala dalam pelaksanaan program Sekolah Moderasi seperti kecilnya dana untuk penyelenggaraan, belum adanya kurikulum secara permanen, dan kurangnya buku-buku pendukung.
Downloads
References
Anonim. (2024). Kalimantan Tengah Dalam Angka. Palangka Raya: BPS Prov. Kalteng.
Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan.
Artariah, A. (2024). Strategi Tokoh Agama dalam Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Indonesia. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 176-188.
Jasiah, J., Triadi, D., Riwun, R., Roziqin, M. A., Khofifah, K., Aldianor, A., ... & Palias, S. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Huma Tabela di Desa Tumbang Tanjung. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 493-500.
Lincoln, Yvonna S, dan Egon G. Guba. (1985). Naturalistik Inquiry, California Amireka: Sage Publication.
Miles, B. Matthte dan Huberman., A. Michaell., Saldana, Johnny. (2014). Quaitative Data Analysis. A. Methods Sourcebook, Edition 3. London: SAGE Publication, Inc.
Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88.
Neuman, W. Lawrence. (2016). Metodologi Penelitian Sosial. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7 (Terjemahan Edina T. Sofia). Jakarta : PT. Indeks.
Nurhaida. (2018). Pengunaan Media Bahan Ajar Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora.
Rambe, T., & Sari, S. M. (2022). Moderasi Beragama Di Kota Medan: Telaah Terhadap Peranan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Medan. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 5(2), 84-101.
Sukodoyo, S., Widiyono, W., Medhacitto, T. S., & Setyaningsih, S. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Buddha di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Semarang. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 8(2), 239-253.
Sholikah, S. A., & Sholikah, S. A. (2020). Evaluasi Penerapan Moderasi Beragama Terhadap Sikap Beragama Peserta Didik di SMP PGRI Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6, 107-27.
Strauss, Anselm & Corbin, Juliet. (2017). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Cetakan V. (Terjemahan Muhammad Shodiq & Imam Muttaqien). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182-194.
Wainarisi, Y. O. R., Wilson, W., Telhalia, T., Aloysius, A., & Neti, N. (2023). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Inklusif Gereja: Pengabdian Kepada Masyarakat Di Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 4(1), 42-64.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140.
Wibowo, M. A., Arifinsyah, A., Annisa, T., Fauziah, D., & Muhaimin, M. (2024). Peran Kantor Urusan Agama (KUA) Percut Sei Tuan dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama. Jurnal Pendidikan
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Daryana, Saifullah Darlan, Mistrita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License