Efektivitas Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional "Balogo" Terhadap Literasi Numerasi dan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8400

Keywords:

Balogo, Literasi Numerasi, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran berbasis permainan tradisional "Balogo" terhadap peningkatan literasi numerasi dan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kelompok tidak ekuivalen. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas IV yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran berbasis permainan "Balogo" dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes literasi numerasi dan tes berpikir kritis yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam literasi numerasi dan kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, berdasarkan hasil uji t (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa permainan "Balogo" efektif dalam meningkatkan literasi numerasi dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menyarankan agar metode pembelajaran berbasis permainan tradisional seperti "Balogo" dapat diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurun Ni'mah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Amelia Dwi Astuti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ali, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), Article 2.

Ariyanti, A. M., Zainuddin, Z., & Dewantara, D. (2022). Development of Electronic Teaching Material Containing South Kalimantan’s Traditional Game to Improving Students’ Problem-Solving Ability. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.37729/radiasi.v15i2.2207

Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research Untuk Disertasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1339

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516

Fajriyah, E. (2022). KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 403–409.

Haliza, T. N. (2022). INTERNALISASI PEMANFAATAN PERMAINAN BALOGO SEBAGAI STIMULASI PEMBELAJARAN AUD DALAM PENGASUHAN KELUARGA BANJAR. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v5i2.304

Martono, W. C., Sitio, E. F. S., Ananda, K., Karolina, G., & Wulandari, S. (2022). Sosialisasi Buku Permainan Tradisional Kalimantan Tengah Sebagai Upaya Dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54314/jpstm.v2i2.1016

Ni’mah, N. (2022). Analisis Indikator Berpikir Kritis Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu dalam Kurikulum 2013: Analysis of Critical Thinking Indicators on the Character of Curiosity in 2013 Curriculum. Anterior Jurnal, 22(Special-1), Article Special-1. https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.3220

Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), Article 2b. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.678

Ouedraogo, I., Hirakawa, Y., & Taniguchi, K. (2021). A fair chance for acquiring literacy skills? Suggestions for primary school dropouts in rural Burkina Faso. Education 3-13, 49(4), 433–447. https://doi.org/10.1080/03004279.2020.1733042

Rendi, R., Marni, M., Neonane, T., & Lawalata, M. (2024). Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan Memahami Dan Menginterpretasi Informasi. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.313

Rizza, H. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(0), Article 0.

Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.632

Widiansyah, A., & Fitriansyah, F. (2022). IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR MELALUI PROGRAM LITERASI NUMERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), Article 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14798

Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Ni’mah, N., Setyawan, D., & Astuti, A. D. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional &quot;Balogo&quot; Terhadap Literasi Numerasi dan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 207–214. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.8400