Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Realistic Mathematiceducation (RME) Berbantuan Media Congkakan Dan Drinking Straw Kelas IV MI AL-Mustajabah Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Yulia Mawaddah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.852

Keywords:

Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media congkakan dan drinking straw, . KPK dan FPB, Hasil belajar

Abstract

Hasil belajar Matematika Peserta Didik kelas IV MI Al-Mustajabah masih rendah. Guru perlu memilih metode dan media yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran. Artikel ini membahas hasil penelitian tindakan kelas yang mendeskripsikan pelaksana pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media congkakan dan drinking straw untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada meteri KPK dan FPB. Hasil penelitian dari 2 siklus menunjukkan adanya peningkatan dari skor tes akhir siklusI ( 58% ) keskor tes akhir siklus II ( 91% )

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yulia Mawaddah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto Suharsimi . (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Shoimin, A. (2016), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta Ar-ruzz Media
Sundayana, Rustina (2014) Media Dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung Alfabeta
Susanto, Ahmad, (2012) Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2017-07-07

How to Cite

Mawaddah, Y., & Setyawan, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Realistic Mathematiceducation (RME) Berbantuan Media Congkakan Dan Drinking Straw Kelas IV MI AL-Mustajabah Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 7–13. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.852