Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 8 Menteng

Main Article Content

Roso Sugiyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS pada pokok bahasan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017. Adapun bentuk penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Yang dilaksanakan pada kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya. Data dikumpulkan menggunakan instrument berupa tes. Data hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistic uji-t dan menggunakan rumus regresi untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan metode mind mapping (peta pikiran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor pretest sebesar 44,75 meningkat pada nilai posttest dengan nilai rata-rata sebesar 81,25. Berdasarkan perhitungan analisis statistik hasil dari uji-t yang diperoleh adalah Uji t yang dianalisis diperoleh thitung= 18,22, sedangkan ttabel = 2,022 dengan taraf signifikan 5% dan db(39). Kriteria hipotesis yang didapat bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sugiyanto, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 8 Menteng. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 56–60. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.859
Section
Articles
Author Biography

Roso Sugiyanto, Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya

References

Cohen, J. (2006). Social, emotional, ethical, and academic education: creating a climate for learning, participation in democracy, and well-being. Havard Eductional Review. Volume. Seventy-Six, N0. 02. 2006.
Hergenhanhn, B.R., & Olson M.H. (1997). An introduction to theories of learning, (Fifth Edition). London: Prentice Hall International, Inc.
Huitt, W. (1992). Problem solving and decision making: Consideration of individual differences using the Myers-Briggs Type Indicator. Journal of Psychological Type, 24, 33-44. Atalanta: Retrieved February 1993, from http://chiron.valdosta.edu/whuitt/files/prbsmbti.html.
Naisbitt, J., & Patricia, A. (1990). Megatrends 2000: Ten New Directions for the 1990’s. New York: William Morrow and Company.
Wallace, B., & Bentley, R. (2002). Teaching thinking skills across the middle Years: A pratical approach for children aged 9-14. London: David Fulton Publishers.