Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Pesertadidik Kelas IV SDN-2 Kasongan Barutahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Elda Elda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.862

Keywords:

Hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)  Untuk mengetahui aktivitas peserta didik pada pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,(2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada peserta didik di Kelas IV SDN –2 Kasongan Baru Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

Jenis penelitian ini adalah menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang dengan subjek penelitian seluruh peserta didik di kelas IV SDN – 2 Kasongan Baru yang berjumlah 12 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Elda Elda, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. 2014. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Prefesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2018-10-12

How to Cite

Elda, E., & Setyawan, D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Pesertadidik Kelas IV SDN-2 Kasongan Barutahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 6–11. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.862