Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Melalui Program Magang di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram

Authors

  • Fitriani Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sumaya S Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ahmad Rosyidiy Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Hidayat Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rahman Apriliandi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Alan Nuari Sanggore Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nasarudin Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9126

Keywords:

Kemampuan bahasa Arab, Program Magang, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program magang dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang mengikuti program magang bahasa Arab, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan bahasa Arab (pretest dan posttest) serta observasi selama program magang berlangsung. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan untuk mengukur signifikansi peningkatan kemampuan bahasa Arab siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan bahasa Arab siswa setelah mengikuti program magang, dengan taraf signifikan yang menunjukkan efektivitas program dalam kategori tinggi. Penelitian menyimpulkan bahwa program magang efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa MI Al-Madaniyah Jempong Mataram, terutama dalam aspek keterampilan berbicara dan pemahaman kosakata.

Downloads

Author Biographies

Fitriani, Universitas Muhammadiyah Mataram

Sumaya S, Universitas Muhammadiyah Mataram

Ahmad Rosyidiy, Universitas Muhammadiyah Mataram

Hidayat, Universitas Muhammadiyah Mataram

Rahman Apriliandi, Universitas Muhammadiyah Mataram

Alan Nuari Sanggore, Universitas Muhammadiyah Mataram

Nasarudin, Universitas Muhammadiyah Mataram

References

Ahmad, M. A. (2019). Efektivitas Program Immersion dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8,. N, 145–160.

Ainin, M. (2021). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bintang Sejahtera.

Asy’ari, H. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Nidhomul Haq), Vol. 1(01), 22.

Dr. Nasarudin, M. P. (2023). “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Paradigma Kurikulum Merdeka.” Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Ergawati, Ibnu Affan, D. (n.d.). “Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran.” Jurnal Guru Kita, Vol. 7(No. 2), 217.

Hermawan, A. (2022). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, A. (n.d.). “Kompetensi Guru Bahasa Arab dalam Perspektif Pembelajaran Modern.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8, no. 2(2021), 156-170.

Mahmud, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Praktik Langsung: Studi di MI Al-Azhar Makassar. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8, 167-182.

Mulyasa, E. (2021). Manajemen Pendidikan Kontemporer. Remaja Rosdakarya.

Muna Haddad Al-Ansori Tanjung, Netty Bayani Harahap, D. (n.d.). “Program Magang Keahlian Sebagai Sarana Praktik dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa di Bidang Penerbitan.” Indonesian Journal of Community Services, Vol. 5(No. 1), 2.

Nuha, U. (2023). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Diva Press.

Rosyidi, A. W. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab (p. 65). UIN-Maliki Press.

Rosyidi, A. W. & M. N. (2020). “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.” (p. 89). UIN Maliki Press.

Yarifuddin, M. (2017). Motivasi Pembelajaran Bahasa Arab (p. 92). Need’s Press.

Zulhannan. (2019). “Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif.” (p. 191). (Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Fitriani, S, S. ., Rosyidiy, A., Hidayat, Apriliandi, R., Sanggore, A. N. ., & Nasarudin. (2025). Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Melalui Program Magang di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9126