Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Melalui Program Magang di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9126Keywords:
Kemampuan bahasa Arab, Program Magang, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program magang dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang mengikuti program magang bahasa Arab, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan bahasa Arab (pretest dan posttest) serta observasi selama program magang berlangsung. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan untuk mengukur signifikansi peningkatan kemampuan bahasa Arab siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan bahasa Arab siswa setelah mengikuti program magang, dengan taraf signifikan yang menunjukkan efektivitas program dalam kategori tinggi. Penelitian menyimpulkan bahwa program magang efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa MI Al-Madaniyah Jempong Mataram, terutama dalam aspek keterampilan berbicara dan pemahaman kosakata.
Downloads
References
Ahmad, M. A. (2019). Efektivitas Program Immersion dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8,. N, 145–160.
Ainin, M. (2021). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bintang Sejahtera.
Asy’ari, H. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Nidhomul Haq), Vol. 1(01), 22.
Dr. Nasarudin, M. P. (2023). “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Paradigma Kurikulum Merdeka.” Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.
Ergawati, Ibnu Affan, D. (n.d.). “Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran.” Jurnal Guru Kita, Vol. 7(No. 2), 217.
Hermawan, A. (2022). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, A. (n.d.). “Kompetensi Guru Bahasa Arab dalam Perspektif Pembelajaran Modern.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8, no. 2(2021), 156-170.
Mahmud, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Praktik Langsung: Studi di MI Al-Azhar Makassar. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8, 167-182.
Mulyasa, E. (2021). Manajemen Pendidikan Kontemporer. Remaja Rosdakarya.
Muna Haddad Al-Ansori Tanjung, Netty Bayani Harahap, D. (n.d.). “Program Magang Keahlian Sebagai Sarana Praktik dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa di Bidang Penerbitan.” Indonesian Journal of Community Services, Vol. 5(No. 1), 2.
Nuha, U. (2023). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Diva Press.
Rosyidi, A. W. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab (p. 65). UIN-Maliki Press.
Rosyidi, A. W. & M. N. (2020). “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.” (p. 89). UIN Maliki Press.
Yarifuddin, M. (2017). Motivasi Pembelajaran Bahasa Arab (p. 92). Need’s Press.
Zulhannan. (2019). “Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif.” (p. 191). (Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitriani, Sumaya S, Ahmad Rosyidiy, Hidayat, Rahman Apriliandi, Alan Nuari Sanggore, Nasarudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License