Peningkatan Pemahaman Budaya Lokal Suku Dayak Melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9532

Keywords:

Budaya Lokal, Budaya Suku Dayak, Literasi Digital

Abstract

Pemahaman terhadap budaya lokal merupakan bagian penting dalam pembentukan identitas dan karakter siswa. Pendidikan di sekolah dasar memiliki peran yang signifikan dalam mengenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui berbagai pendekatan, salah satunya adalah literasi budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana literasi budaya lokal dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya setempat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 1 Kalampangan Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah yang menerapkan literasi budaya lokal dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi budaya lokal dalam pembelajaran dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pelestarian budaya, memperkaya kosa kata lokal, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap warisan budaya daerah. Kontribusi penelitian ini ditujukan bagi pendidik dan lembaga pendidikan agar semakin menjunjung dan menghargai budaya masyarakat setempat agar tidak hilang.

Downloads

Author Biographies

Alya Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Malang

Ayi Yulia Maryani, Universitas Muhammadiyah Malang

Daroe Iswatiningsih, Universitas Muhammadiyah Malang

References

Asip. M., Lestari, T, A., Maisura., Juliati. (2023). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di SD.

Iskandar, M. F., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pentingnya Literasi Budaya dalam Pendidikan Anak SD: Sebuah Kajian Literatur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 785-794. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.723

Kurniawan, R & Parnawi, A. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 184–195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.114 8

Media Sains Indonesia. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/k937b

Nuraini, L. (2022). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 45-56. https://doi.org/10.21043/jpmk.v1i2.4873

Oktariani., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Psikologi dan Kesehatan (J-P3K) 1(1):23-33. http://dx.doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167-2173

Samsiyah, N. (2017). Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar Untuk Membangun Karakter Siswa Melalui Penerapan Sistem Among. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif”.

Suarningsih, N. M. (2019). Peranan Pendidikan Berbasis Kearifan lokal dalam Pembelajaran di Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–30. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/165

Sumarni, M. L., Jewarut, S., Silvester, & Melati, F. V. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 2993-2998. https://doi.org/10.1234/jer.v5i3.1330

Wurdianto, K., Norsandi, D., & Fitriana, E. (2022). Etnopedagogi Batang Garing Suku Dayak Ngaju sebagai Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 45-64. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1936 .

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Rahmawati, A., Maryani, A. Y., & Iswatiningsih, D. . (2025). Peningkatan Pemahaman Budaya Lokal Suku Dayak Melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(1), 27–38. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9532