Peningkatan Pemahaman Budaya Lokal Suku Dayak Melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9532Keywords:
Budaya Lokal, Budaya Suku Dayak, Literasi DigitalAbstract
Pemahaman terhadap budaya lokal merupakan bagian penting dalam pembentukan identitas dan karakter siswa. Pendidikan di sekolah dasar memiliki peran yang signifikan dalam mengenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui berbagai pendekatan, salah satunya adalah literasi budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana literasi budaya lokal dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya setempat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 1 Kalampangan Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah yang menerapkan literasi budaya lokal dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi budaya lokal dalam pembelajaran dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pelestarian budaya, memperkaya kosa kata lokal, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap warisan budaya daerah. Kontribusi penelitian ini ditujukan bagi pendidik dan lembaga pendidikan agar semakin menjunjung dan menghargai budaya masyarakat setempat agar tidak hilang.
Downloads
References
Asip. M., Lestari, T, A., Maisura., Juliati. (2023). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di SD.
Iskandar, M. F., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pentingnya Literasi Budaya dalam Pendidikan Anak SD: Sebuah Kajian Literatur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 785-794. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.723
Kurniawan, R & Parnawi, A. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 184–195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.114 8
Media Sains Indonesia. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/k937b
Nuraini, L. (2022). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 45-56. https://doi.org/10.21043/jpmk.v1i2.4873
Oktariani., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Psikologi dan Kesehatan (J-P3K) 1(1):23-33. http://dx.doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167-2173
Samsiyah, N. (2017). Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar Untuk Membangun Karakter Siswa Melalui Penerapan Sistem Among. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif”.
Suarningsih, N. M. (2019). Peranan Pendidikan Berbasis Kearifan lokal dalam Pembelajaran di Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–30. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/165
Sumarni, M. L., Jewarut, S., Silvester, & Melati, F. V. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 2993-2998. https://doi.org/10.1234/jer.v5i3.1330
Wurdianto, K., Norsandi, D., & Fitriana, E. (2022). Etnopedagogi Batang Garing Suku Dayak Ngaju sebagai Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 45-64. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1936 .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alya Rahmawati, Ayi Yulia Maryani, Daroe Iswatiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License