Analisis Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perubahan Energi Angin menjadi Energi Gerak dengan Media Kertas Spiral Bergerak
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9569Keywords:
Pembelajaran IPAS, Perubahan Energi, Media Kertas Spiral BergerakAbstract
Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar terus mengalami perkembangan. Hal ini dikarenakan materi IPA yang sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu kemampuan IPA dipercaya dapat menumbuhkan kemampuan berpikir peserta didik tentang perkembangan ilmu pengetahuan di sekitar. Pada kurikulum merdeka pembelajaran ilmu pengetahuan alam dipadukan dengan ilmu pengetahuan sosial yang disingkat menjadi IPAS. Kedekatan kedua ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari dapat dimaksimalkan dalam penggunaan pembelajaran berbasis kontekstual dimana peserta didik bisa mengalami pembelajaran secara langsung.
Salah satu penunjang pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPAS adalah praktikum dengan penggunaan media yang bisa dibuat langsung oleh peserta didk. Penelitian ini ingin menganalisis pemahaman peserta didik dalam memahami materi perubahan energi angin menjadi energi menggunakan media kertas spiral bergerak. Pembelajara dilakukan secara berkelompok dimana masing-masing kelompok beranggotakan tiga peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran ini yaitu dengan pembuatan kertas spiral secara mandiri oleh peserta didik dan membakar ujung kertas tersebut dengan lilin.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan praktik langsung pembuatan kertas spiral bergerak berhasil membuat peserta didik paham tentang materi perubahan energi angin menjadi gerak. Kesimpulan ini didapatkan dari hasil observasi dimana peserta didik terlihat dengan jelas aktif dalam pembelajaran serta mampu mengikuti alur praktikum dengan baik sesuai LKPD. Selain itu dari hasil wawancara dan penilaian dokumen LKPD yang dikumpulkan peserta didik, terlihat bahwa peserta didik mampu menjelaskan dan menguraikann tujuan pembelajaran dengan hasil baik.
Downloads
References
Anna, Rahmawati dkk. (2024). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.
Hermawan, Budi dkk. (2023). Mengajarkan “Perubahan Energi Listrik menjadi Cahaya” pada Sisw Disabilitas Intelektual di Sekolah Menengah Pertama.
Izza, Mawadati dkk. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Ssiwa dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 4 SDN 1 Tiudan Tulungagung.
Joko, Suprapmanto dkk. (2024). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPAS pada Siswa Kelas 4 SD.
Kuntum, K.U dkk. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar.
Purwanto, Ngalim dkk. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rumiati, Rumiati dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar IPA tentang Materi Energi Alternatif pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2020/2021.
Sudana, dkk. (2019). Pendidikan IPA SD. Singaraja: PGSD Undiksha Singaraja.
Sudjana, Nana. (2020). Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru
Wulandari, Kurnia dkk. (2024). Pembelajaran Berbasis Alat Peraga terhadap Perubahan Energi guna Mempermudah Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Yasa, A.D dkk. (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayi Yulianisa Meryana, Alya Rahmawati, Siti Inganah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License