Analisis Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perubahan Energi Angin menjadi Energi Gerak dengan Media Kertas Spiral Bergerak

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9569

Keywords:

Pembelajaran IPAS, Perubahan Energi, Media Kertas Spiral Bergerak

Abstract

Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar terus mengalami perkembangan. Hal ini dikarenakan materi IPA yang sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu kemampuan IPA dipercaya dapat menumbuhkan kemampuan berpikir peserta didik tentang perkembangan ilmu pengetahuan di sekitar. Pada kurikulum merdeka pembelajaran ilmu pengetahuan alam dipadukan dengan ilmu pengetahuan sosial yang disingkat menjadi IPAS. Kedekatan kedua ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari dapat dimaksimalkan dalam penggunaan pembelajaran berbasis kontekstual dimana peserta didik bisa mengalami pembelajaran secara langsung.

Salah satu penunjang pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPAS adalah praktikum dengan penggunaan media yang bisa dibuat langsung oleh peserta didk. Penelitian ini ingin menganalisis pemahaman peserta didik dalam memahami materi perubahan energi angin menjadi energi menggunakan media kertas spiral bergerak. Pembelajara dilakukan secara berkelompok dimana masing-masing kelompok beranggotakan tiga peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran ini yaitu dengan pembuatan kertas spiral secara mandiri oleh peserta didik dan membakar ujung kertas tersebut dengan lilin.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan praktik langsung pembuatan kertas spiral bergerak berhasil membuat peserta didik paham tentang materi perubahan energi angin menjadi gerak. Kesimpulan ini didapatkan dari hasil observasi dimana peserta didik terlihat dengan jelas aktif dalam pembelajaran serta mampu mengikuti alur praktikum dengan baik sesuai LKPD. Selain itu dari hasil wawancara dan penilaian dokumen LKPD yang dikumpulkan peserta didik, terlihat bahwa peserta didik mampu menjelaskan dan menguraikann tujuan pembelajaran dengan hasil baik.

 

Downloads

Author Biographies

Ayi Yulianisa Meryana, Universitas Muhammadiyah Malang

Alya Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Malang

Siti Inganah, Universitas Muhammadiyah Malang

References

Anna, Rahmawati dkk. (2024). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka.

Hermawan, Budi dkk. (2023). Mengajarkan “Perubahan Energi Listrik menjadi Cahaya” pada Sisw Disabilitas Intelektual di Sekolah Menengah Pertama.

Izza, Mawadati dkk. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Ssiwa dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 4 SDN 1 Tiudan Tulungagung.

Joko, Suprapmanto dkk. (2024). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPAS pada Siswa Kelas 4 SD.

Kuntum, K.U dkk. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar.

Purwanto, Ngalim dkk. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rumiati, Rumiati dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar IPA tentang Materi Energi Alternatif pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2020/2021.

Sudana, dkk. (2019). Pendidikan IPA SD. Singaraja: PGSD Undiksha Singaraja.

Sudjana, Nana. (2020). Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru

Wulandari, Kurnia dkk. (2024). Pembelajaran Berbasis Alat Peraga terhadap Perubahan Energi guna Mempermudah Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Yasa, A.D dkk. (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Meryana, A. Y., Rahmawati, A., & Inganah, S. (2025). Analisis Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perubahan Energi Angin menjadi Energi Gerak dengan Media Kertas Spiral Bergerak. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(1), 39–43. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9569