Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Anisa Muthia Diva UIN Raden Fatah Palembang
  • Aisyah Ananda Al Fitria UIN Raden Fatah Palembang
  • Raden Ayu Tia Rachmawati UIN Raden Fatah Palembang
  • Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9671

Keywords:

Sertifikasi, Kompetensi, Pendidikan, Guru

Abstract

Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pendidik untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Program ini menekankan pada penguasaan empat kompetensi utama, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Melalui sertifikasi, guru diharapkan dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, menciptakan inovasi dalam metode pengajaran, dan memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur yang menganalisis berbagai sumber terkait efektivitas sertifikasi guru dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, kesejahteraan guru, dan motivasi kerja. Siswa yang diajar oleh guru bersertifikat cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar oleh guru yang belum bersertifikat.

Namun, masih terdapat berbagai tantangan dalam pelaksanaan sertifikasi, seperti kurangnya pelatihan lanjutan, distribusi sertifikasi yang belum merata, dan kesenjangan antara teori yang diajarkan dalam sertifikasi dengan praktik nyata di kelas. Oleh karena itu, evaluasi dan perbaikan sistem sertifikasi guru diperlukan agar dapat berjalan lebih efektif dan merata di seluruh Indonesia.

Dengan mengoptimalkan program sertifikasi, diharapkan dapat tercipta lebih banyak pendidik yang profesional dan berkualitas, sehingga dapat membawa kemajuan bagi sistem pendidikan nasional.

Downloads

Author Biographies

Anisa Muthia Diva, UIN Raden Fatah Palembang

Aisyah Ananda Al Fitria, UIN Raden Fatah Palembang

Raden Ayu Tia Rachmawati, UIN Raden Fatah Palembang

Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah, UIN Raden Fatah Palembang

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Erford, Bradley T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.

Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.

Ratna, Lilis. 2013. Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.

Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingandan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. 2016. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Bimbingan & Konseling. Yogyakarta: ANDI Offset.

Yuniarwati, Christiyo Tri. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling pada Siswa Kelas Kelas XI APh1 SMK N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018. EMPATI-Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5 No 1 e-ISSN : 2581-0677.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Diva, A. M., Al Fitria, A. A., Rachmawati, R. A. T., & Abdurrahmansyah, A. (2025). Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 20(1), 44–54. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9671