Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v20i1.9671Keywords:
Sertifikasi, Kompetensi, Pendidikan, GuruAbstract
Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pendidik untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Program ini menekankan pada penguasaan empat kompetensi utama, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Melalui sertifikasi, guru diharapkan dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, menciptakan inovasi dalam metode pengajaran, dan memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur yang menganalisis berbagai sumber terkait efektivitas sertifikasi guru dalam dunia pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, kesejahteraan guru, dan motivasi kerja. Siswa yang diajar oleh guru bersertifikat cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar oleh guru yang belum bersertifikat.
Namun, masih terdapat berbagai tantangan dalam pelaksanaan sertifikasi, seperti kurangnya pelatihan lanjutan, distribusi sertifikasi yang belum merata, dan kesenjangan antara teori yang diajarkan dalam sertifikasi dengan praktik nyata di kelas. Oleh karena itu, evaluasi dan perbaikan sistem sertifikasi guru diperlukan agar dapat berjalan lebih efektif dan merata di seluruh Indonesia.
Dengan mengoptimalkan program sertifikasi, diharapkan dapat tercipta lebih banyak pendidik yang profesional dan berkualitas, sehingga dapat membawa kemajuan bagi sistem pendidikan nasional.
Downloads
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Erford, Bradley T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Ratna, Lilis. 2013. Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingandan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi. 2016. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Bimbingan & Konseling. Yogyakarta: ANDI Offset.
Yuniarwati, Christiyo Tri. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling pada Siswa Kelas Kelas XI APh1 SMK N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018. EMPATI-Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 5 No 1 e-ISSN : 2581-0677.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Muthia Diva, Aisyah Ananda Al Fitria, Raden Ayu Tia Rachmawati, Abdurrahmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License