STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL DI KANTOR BAPAS KELAS II SAMPIT

Strategies To Improve The Quality Of Public Services In Facing The Era Of The Digital Revolution In The Sampit Class II Bapas Office

Authors

  • Muhammad Ubit Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Milka Milka Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pencerah.v9i2.3807

Keywords:

Strategi, Kualitas Pelayanan Publik, Revolusi Digital

Abstract

Peningkatan pelayanan publik sangat penting untuk menghadapi era revolusi digital yang terus berlangsung sejalan dengan agenda besar reformasi birokrasi. Digitalisasi pelayanan publik menjadi strategi yang terus dilakukan oleh berbagai instansi pemerintah untuk mempermudah penerima layanan mengakses berbagai layanan yang disediakan. Di samping itu, akselerasi digital di tengah Pandemi Covid-19 turut serta mendorong Bapas Kelas II Sampit untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital sesuai dengan cita-cita era revolusi digital. Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud untuk melihat strategi peningkatan kualitas pelayanan publik dalam menghadapi era revolusi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kondisi pelayanan publik di Kantor Bapas Kelas II Sampit; (2) mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal Kantor Bapas Kelas II Sampit dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan (3) menganalisis strategi peningkatan kualitas pelayanan publik oleh Bapas Kelas II Sampit dalam menghadapi era revolusi digital. Teori besar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi dan teori kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, studi literatur (penelitian terdahulu), dan FGD. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan empat tahapan dari Miles dan Hubberman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Badu. (2008). Kondisi Birokrasi di Indonesia dalam Hubungannya dengan Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik: Vol. 4, No. 1.
Berman, Evan M., dkk. (2019). Human Resource Management in Public Service: Paradoxes, Processes, and Problems. Washington US: SAGE Publications Inc.
Bisri, Mashur Hasan dan Bramantyo Tri Asmoro. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation: Volume 1, No. 1.
Depari, Elva G, Suyanto, dan Dedi Afandi. (2012). Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan Poliklinik Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Negeri Riau. Diakses dari https://repository.unri.ac.id/
Firdaus, Inas Tasya; Melinia Dita Tursina, dan Ali Roziqin. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Jurnal Studi Kepemerintahan, 4 (2), 226-239.
Hardiyansyah, Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Kurniawan, Agung. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Pembaharuan.
Maryam, Neneng Siti. (2017). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: Vol. VI, No. 1.
Osborne, Stephen P., dan Louise Brown. (2013). Handbook of Innovation in Public Service. USA: Edward Elgar Publishing, Inc.
Perry, James L. (1990). The Motivational Bases of Public Service. Public Administration Review.
Radminto dan Winarsih, Atik Septi dan Radminto. (2012). Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ramadhan, Risky Rohmat. (2020). Optimalisasi Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Pencegahan Resiko Residivis Terhadap Klien Pemasyarakatan (Studi Kasus di Balai Pemasyarakatan Kelas II Pekanbaru). Jurnal Komunikasi Hukum (JKH) Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6(2). pp. 600-608.
Rusfiana, Yudi dan Cahya Supriatna, 2021, Memahami Birokrasi Pemerintahan dan Perkembangan, Bandung: Alfabeta.
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. (2007). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Wakhid, Ali Abdul. (2017). Reformasi Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam: Volume 13, No. 1

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Ubit, M. ., Nurhasanah, N., & Milka, M. (2022). STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL DI KANTOR BAPAS KELAS II SAMPIT: Strategies To Improve The Quality Of Public Services In Facing The Era Of The Digital Revolution In The Sampit Class II Bapas Office. Pencerah Publik, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.33084/pencerah.v9i2.3807

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>