PENGELOLAAN JARINGAN DOKUMENTASI DAN INFORMASI HUKUM DALAM MENUNJANG INFORMASI PELAYANAN PUBLIK PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
The management of Law Documentation and Information Networking in Providing Public Services at the Commission of Public Election of Central Kalimantan Province
DOI:
https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i1.5269Keywords:
Services, Law Information, Law ProductAbstract
The aim of this research is to describe how the management of Law Documentation and Information Networking (JDIH) provide public services at the Commission of Public Election (KPU) of Central Kalimantan Province for supporting community public services in information and law products. This research applies qualitative approach with descriptive method. The data collection techniques were: 1) interview, 2) observation, and 3) documentation. The results show that the management of JDIH at KPU of Central Kalimantan Province in providing information/ law products has not been optimal yet. Developing quantity and quality of human resources is strongly needed in order to have the jobs finish effectively in accordance with the Standard Operational Procedures (SOP). It can be optimally by adding the quantity of personnel with suitable educational background/ skills and training. Adding appropriate infrastructures, especially networking/ internet system and application system, also special working rooms and library for JDIH will support the existence of law data/ information of KPU for the public. Public as the users of JDIH website will be helped by the existence of JDIH at KPU Central Kalimantan Province for finding law data/ information easily, effectively that is suitable with the aspects of prime public services.
Downloads
References
Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Agus, Dwiyanto. 2014. Mewujudkan GoodGovernance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Apriyadi, D. 2017. Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu, Fasilitas, dan Harga Tiket terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api di Stasiun Purwosari. Magistra, 99,h. 71-83
Atmoko, Tjipto. 2012. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta : (Skripsi).
Basrowi dan Suwandi. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipa.
Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
George R. Terry. 2013. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara. 168.
Husaini Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 34.
Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset. 8.
Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 134/Kpts/KPU/Tahun 2016 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Komisi Pemilihan Umum;
Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 533/HK.04-Kpt/03/KPU/XI/2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota;
Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 10/HK.04/08/2022 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota.
Lexy J. Maleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarta Litjan Poltak Sinambel, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Publik
Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota;
Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum
Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 82);
Taufiqurokhman & Satispi, E., . (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang Selatan : UMJ Press.
Permana, A.R. 2021. The relations Between Using and Taking Care Of Office Facilities and Infrastructure for company’s profit Hubungan Antara Penggunaan Serta Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Kantor Terhadap Laba Perusahaan.
Peter Salim dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontempore. Jakarta: Modern English Press. 695.
Putri, Y.A., Mazni, A., & Suharto, S. 2021. Pengaruh Insentif dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. SIMPLEX: Journal of Economic Management, 2 (1), 250-266.
Rahmadana Fitri, Muh,dkk. 2020. Pelayanan Publik. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Rianti, E.D., dan Sodik, M.A. 2021. Ketersediaan Sarana dan Prasarana Usaha Kesehatan Sekolah. OSF Preprints. Doi:10.31219/osf.io/sa39q.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA, cv.
Tahir,Muh.,2011, Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan, Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Taufiqurokhman. A.ks.,S.Sos.,M.Si dan Dr. Evi Satispi, SP.M.Si. 2018. Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik, Tangerang Selatan : UMJ Press 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desia Asrina Wulandari, Muhamad Yusuf, Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.