Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
PUBLIC SERVICES AT THE SERVICE OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION
DOI:
https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i2.5311Keywords:
Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Efektivitas PelayananAbstract
Pelayanan Publik merupakan aspek penting dalam menjalankan tugas pemerintahan yang berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu lembaga pemerintah yang memiliki peran strategis dalam pelayanan publik adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan fokus pada efektivitas, efisiensi, dan kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah mengalami kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Terdapat perbaikan dalam prosedur administrasi dan penerapan teknologi informasi yang mempermudah proses pelayanan.
Downloads
References
Setiawan, R. (2017). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. e-JKPP, 2(2), 46-57.
Vidyasagara, I. P. B., Widiati, I. A. P., & Suryani, L. P. (2021). Efektivitas Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Denpasar. Jurnal Konstruksi Hukum, 2(1), 109-115.
Wati, N. K. (2021). Tipologi Inovasi Pelayanan Publik dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan Di Masa Pandemi. JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 6(2), 89-110.
Riyanda, R. (2017). Faktor-faktor yang menghambat kinerja pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota batam. Jurnal Niara, 9(2), 75-90.
Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik.
Neng Kamarmi, S. M. (2011). Analisis pelayanan publik terhadap masyarakat (Kasus pelayanan Kesehatan di Kabupaten Agam). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 2, 84-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Divanda Triendo Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.