Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang

Authors

  • Gizhella Mulyani Putri Universitas Andalas
  • Ria Ariany Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i2.5323

Keywords:

Kepuasan masyarakat, pelayanan publik

Abstract

Pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses pelayanan serta untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap pelayanan kepada masyarakat. Maka dari itu Aparatur Sipil Negara harus mengetahui bahwa pentingnya mengacu Standar Operasionl Prosedur (SOP) dalam bekerja agar lebih efektivitas proses pelayanannya dan dapat diberikan secara maksimal sesuai dengan harapan masyarakat yang menerima pelayanan tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Mahsyar, Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Ejournal.unismuh. Vol. 1, No.2, Oktober 2011

Suhartoyo Impelentasi Fungsi Pelayannan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Administrative law & Governance Journal. Vol 2 Issue 1, March 2019

https://disdukcapil.padang.go.id

Aliandro, Nugi, Kusdarini, Roni Ekha Putera. 2021. Inovasi Pelayanan

Pelayanan Capil Padang-SIRANCAK KOTA PADANG https://online,disdukcapil.padang.go.id

Wahyu Apriansyah, Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Pandeglang. Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Agustus 2016

Cv.Reswara, Laporan Akhir Survey Kepuasan Masyarakat Semester II Tahun 2019, Dinas Pmptsp, Bandung

Kurnia Wati, Nila, Tipologi Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipik (Disdukcapil) Kota Tanggerang Selatan di Masa Pandemi 2021. Jurnal of Government-JOG

Setiawan, R. (2017). Peranan Etika Aparatur Sipil

Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas

Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota

Bandar Lampung. e-JKPP, 2(2), 46-57.

Vidyasagara, I. P. B., Widiati, I. A. P., & Suryani, L. P.

(2021). Efektivitas Aparatur Sipil Negara dalam

Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Denpasar. Jurnal

Konstruksi Hukum, 2(1), 109-115.

Wati, N. K. (2021). Tipologi Inovasi Pelayanan Publik

dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)

Kota Tangerang Selatan Di Masa Pandemi. JOURNAL

OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan

dan Otonomi Daerah), 6(2), 89-110.

Riyanda, R. (2017). Faktor-faktor yang menghambat

kinerja pelayanan publik di dinas kependudukan dan

pencatatan sipil kota batam. Jurnal Niara, 9(2), 75-90.

Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan

Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan

Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Putri, G. M., & Ariany, R. (2024). Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Pencerah Publik, 10(2), 82–91. https://doi.org/10.33084/pencerah.v10i2.5323