Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang
Main Article Content
Abstract
Pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses pelayanan serta untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap pelayanan kepada masyarakat. Maka dari itu Aparatur Sipil Negara harus mengetahui bahwa pentingnya mengacu Standar Operasionl Prosedur (SOP) dalam bekerja agar lebih efektivitas proses pelayanannya dan dapat diberikan secara maksimal sesuai dengan harapan masyarakat yang menerima pelayanan tersebut
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Abdul Mahsyar, Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Ejournal.unismuh. Vol. 1, No.2, Oktober 2011
Suhartoyo Impelentasi Fungsi Pelayannan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Administrative law & Governance Journal. Vol 2 Issue 1, March 2019
https://disdukcapil.padang.go.id
Aliandro, Nugi, Kusdarini, Roni Ekha Putera. 2021. Inovasi Pelayanan
Pelayanan Capil Padang-SIRANCAK KOTA PADANG https://online,disdukcapil.padang.go.id
Wahyu Apriansyah, Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Pandeglang. Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Agustus 2016
Cv.Reswara, Laporan Akhir Survey Kepuasan Masyarakat Semester II Tahun 2019, Dinas Pmptsp, Bandung
Kurnia Wati, Nila, Tipologi Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipik (Disdukcapil) Kota Tanggerang Selatan di Masa Pandemi 2021. Jurnal of Government-JOG
Setiawan, R. (2017). Peranan Etika Aparatur Sipil
Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas
Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota
Bandar Lampung. e-JKPP, 2(2), 46-57.
Vidyasagara, I. P. B., Widiati, I. A. P., & Suryani, L. P.
(2021). Efektivitas Aparatur Sipil Negara dalam
Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Denpasar. Jurnal
Konstruksi Hukum, 2(1), 109-115.
Wati, N. K. (2021). Tipologi Inovasi Pelayanan Publik
dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)
Kota Tangerang Selatan Di Masa Pandemi. JOURNAL
OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan
dan Otonomi Daerah), 6(2), 89-110.
Riyanda, R. (2017). Faktor-faktor yang menghambat
kinerja pelayanan publik di dinas kependudukan dan
pencatatan sipil kota batam. Jurnal Niara, 9(2), 75-90.
Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan
Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan
Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik.