MANAJEMEN PENGELOLAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA BALAI LATIHAN KERJA DI DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA KABUPATEN ACEH BARAT

Management Management Of Human Resources Development Training At Work Training Centers At The Transmigration And Manpower Department Of Barat Aceh District

Authors

  • Indah Levina Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.33084/restorica.v8i1.2973

Keywords:

Management, Development, Human Resources

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk dapat mengetahuiatau melihat sejauh mana pihak Balai Latihan Kerja pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kabupaten Aceh Barat ini dalam mengelola manajemen dan pengawasan pada instruktur atau pengajar terhadap peserta pelatihan pada setiap kejuruannya.  peran manajemen pengelolaan pada setiap organisasi yaitu untuk mengatur semua proses yang telah direncanakan untuk mendapatkan sebuah hasil yang diharapkan.Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatul sebagai penghubung dalam melakukan penelitian.Pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga kerja khusunya pada bidang Balai Latihan Kerja harus adanya pembentukan manajemen pengelolaan agar dapat mengatur segalahal secara baik dan terstruktur. Penelitian ini menarik kesimpulan bahwamasih banyak keluhan dari peserta pelatihan terhadap kurangnya instruktur yang ada di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK disebabkan karena para peserta terlalu berbelit dalam mengelola syarat administrasi yang diberikan oleh pihak BLK dan pihak DISTRANAKER sudah mengajukan terkait kekurangan SDM instrukturkepada Badan Kepegawaian dan Perkembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), tetapi pihak dari BKPSDM tersebut belum menanggapi persoalan kurangnya Sumber Daya Manusia pengajar yang ada di BLK. Dari data yang telah didapat oleh peneliti, menyatakan bahwa Sumber Daya Manusia instruktur yang ada di UPTD BLK masih belum ada penambahan sama sekali, bahkan instruktur atau pengajar yang ada masih sangat kurang adanya.Temuan yang telah didapat oleh peneliti menyatakan bahwa kurangnya SDM pada instruktur yang ada DISTRANAKER khusunya di Bidang UPTD BLK dikarenakan banyak instruktur itu sudah rentan atau dalam artian pensiun.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Amin, M. (2006). Manajemen Pengawasan: Refleksi dan Kesaksian Seorang Auditor. Kalam Indonesia.

Batlajery, S. (2016). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 3(2), 135–155.

Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Zahir Publishing.

Heene, A., & Desmidt, S. (2010). Manajemen Strategik Keorganisasian Publik. Bandung: PT Refika Aditama.

Husaini, & Fitria, H. (2019a). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 1–15.

Husaini, & Fitria, H. (2019b). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 43–54.

Istiantara, D. T. (2019). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Guna Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Dosen Politeknik Perkeretaapian Indonesia. Jurnal Perkerataapian Indonesia, 3(2), 1–9.

Krisdianto, B., & Nurhajati. (2017). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata Kota Batu. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 1–13.

Lubis, S. A. (2017). Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padangsidimpuan.

Prof. Dr. Syafaruddin, M. P., & Drs. Asrul, M. S. (2014). Manajemen Pengawasan Pendidikan (Cetakan Pe). CitaPustaka Media.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2007). Manajemen (Edisi Kese). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sari, E. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia (S. Rohana (ed.)). Jakarta: Jayabaya University Press.

Sjamsuddin, D., R., D. A. K., & Kasminto, Ak., M. B. . (2007). Manajemen Pengawasan (S. . Yenni (ed.); Edisis Kee). Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.

Wijaya, D. C. M. P., & Muhammad Rifa’i, M. P. (2016). Dasar-Dasar Manajemen (M. S. Syarbaini Saleh, S.Sos (ed.); Cetakan Pe). Perdana Publishing.

Creswell, J. W. (2009). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. LLndon: Sage Publications.

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Levina, I. (2022). MANAJEMEN PENGELOLAAN PELATIHAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA BALAI LATIHAN KERJA DI DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA KABUPATEN ACEH BARAT: Management Management Of Human Resources Development Training At Work Training Centers At The Transmigration And Manpower Department Of Barat Aceh District. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 35–40. https://doi.org/10.33084/restorica.v8i1.2973