ANALISIS GAYA MANAJERIAL DAN KEPEMIMPINAN KETUA KARANG TARUNA RW 02 TAHUN 2021

Analysis Of Managerial And Leadership Style Chairman Of Karang Taruna Rw 02 Year 2021

Authors

  • Savira Azizah Universitas Negri Jakarta
  • K. Y. S.Putri

DOI:

https://doi.org/10.33084/restorica.v8i2.3509

Keywords:

Gaya kepemimpinan, gaya kepemimpinan 4 sistem, karang taruna

Abstract

Setiap organisasi menjalankan program kerja yang dimiliki demi menggapai tujuan bersama yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Hal ini dapat terwujud apabila anggota organisasi saling bersinergi dengan baik. Gaya kepemimpinan dapat mempengaruhi perilaku-perilaku anggota dalam suatu instansi atau organisasi. Gaya kepemimpinan sendiri adalah suatu pola perilaku yang secara konsisten yang diperankan oleh pemimpin untuk mempengaruhi anggota kelompok. Secara fundamental segala tindakan yang dijadikan keputusan oleh pimpinan atau manajer mempengaruhi iklim organisasi dalam beberapa hal, seperti aturan, kebijakan, atau prosedur terkait berjalannya organisasi terutama mengenai gaya komunikasi, cara yang digunakan dalam memotivasi anggota untuk meningkatkan kinerja, teknik dan tindakan pendisiplinan, interaksi antara manajemen dan anggota, perhatian pada permasalahan yang dimiliki anggota dari waktu ke waktu, serta kebutuhan akan kepuasan dan kesejahteraan anggota. Maka, pada penelitian ini dilakukan proses pengolahan data hingga berbentuk diagram  dengan tujuan menganalisis gaya kepemimpinan ketua karang taruna RW 02. Data diperoleh dengan mewawancarai ketua karang taruna RW 02. Dari data tersebut dilakukan analisis menggunakan teori 4 sistem gaya kepemimpinan miliki Rensis Likert dan didapatkan kesimpulan bahwa gaya manajerial dan kepemimpinan yang diterapkan ketua karang taruna RW 02 adalah gaya pengajak-serta. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Habibi, D. R. (2017). Organisasi Santri Dalam Pondok Pesantren Modern. Darunnajah.Com. https://darunnajah.com/organisasi-santri/
Hasanudin. (2021). Gaya kepemimpinan kharismatik KH. Hasan Sadili dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Al-Barkah Tanggeung Cianjur. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Kurniawan, E., & Siagian, H. (2018). Analisis Gaya Kepemimpinan dan Nilai Kepemimpinan Direktur PT Media Rajawali Indonesia. AGORA.
Mi’ah, A. (2013). PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TENTANG MODERNISASI SISTEM PESANTREN. UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
Pace, R. W., & Faules, D. F. (1998). KOMUNIKASI ORGANISASI Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan (D. Mulyana (ed.)). PENERBIT PT REMAJA ROSDAKARYA.
Rukmana, R. H. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Ustadz dan Ustadzah pada Pondok Pesantren Modern Arafah Kota Sungai Penuh. UIN STS Jambi.
Sahadi, Otong Husni Taufiq, and Ari Kusumah Wardani, ‘Karakter Kepemimpinan Ideal Dalam Organisasi’, Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6.3 (2020), 513–24
Subki, S. (2013). Integrasi Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren Tradisional (Studi Kasus Pondok Pesantren al-Anwar Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang). IAIN Walisongo.
Wibowo, B. (2011). TEORI KEPEMIMPINAN. Universitas Negeri Yogyakarta.
Zaman, M. Y. B. (2016). Pengertian Kepemimpinan Dan Teori 4 Sistem Rensis Likert. Universitas Gunadarma.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Azizah, S., & S.Putri, K. Y. (2022). ANALISIS GAYA MANAJERIAL DAN KEPEMIMPINAN KETUA KARANG TARUNA RW 02 TAHUN 2021: Analysis Of Managerial And Leadership Style Chairman Of Karang Taruna Rw 02 Year 2021. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 8(2), 28–31. https://doi.org/10.33084/restorica.v8i2.3509