RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ARSIP (Studi Kasus Kantor Kelurahan Cibubur)

Rebuilding Archive’s Management Information System (Case Study In Cibubur Sub-District Office)

Authors

  • Annisa Hafidhah Nur Aini Universitas Tidar
  • Fattah Aryo Seno
  • Karina Nada Saputri

DOI:

https://doi.org/10.33084/restorica.v8i2.3633

Keywords:

pengelolaan arsip, sistem informasi, kelurahan cibubur

Abstract

Banyaknya jumlah berkas khususnya keluar masuknya surat yang ada di Kantor Kelurahan Cibubur membuat Kelurahan Cibubur harus segera melakukan transformasi khususnya di bidang pengarsipan. Saat ini, Kelurahan Cibubur masih menggunakan sistem pengarsipan manual yang mana sistem pengarsipan ini memerlukan banyak efek samping baik dalam jangka waktu menengah maupun dalam jangka waktu yang panjang. Efek samping tersebut dapat berupa penuhnya ruang penyimpanan fisik, hingga kerusakan berkas yang tidak diinginkan yang mana hal tersebut dapat menghambat kinerja pegawai di Kantor Kelurahan Cibubur. Metode Penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan kajian penulisan jurnal ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Kelurahan Cibubur telah berada pada fase semi digital yang mana pada fase ini Kelurahan Cibubur tidak sepenuhnya mengunakan arsip manual, tetapi tidak sepenuhnya juga menggunakan arsip sistem informasi. Kami selaku peneliti telah membuatkan sebuah saran mengenai aplikasi sistem informasi manajemen yang berkaitan dengan pengarsipan di Kelurahan Cibubur sebagai media dalam melakukan penyimpanan berkas-berkas yang dirasa penting dan rahasia serta berkas-berkas umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fatta, H., (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern, ANDI: Yogyakarta.
Barthos, Basir. (2003). Manajemen Kearsipan Untuk Lembaga Negara, Swasta, dan Perguruan Tinggi. Jakarta. Bumi Aksara
Dewi, Irra Chrisyanti. (2011). Manajemen Kearsipan. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher
Muhellis, M. H. (2019). Kearsipan (Kajian Pendalaman Materi Diklat Tata Usaha Madrasah Ibtidaiyah). Balai Diklat Keagamaan Surabaya.
Nuraida, Ida. (2012). Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius.
Simamora, Pista. (2020). Pentingnya Digitalisasi Arsip. bahasan.id. diakses pada tanggal 27 Mei 2022 pukul 21.50.
Sutabri, T., (2012). Konsep Sistem Informasi. Tim Penyusun, Pedoman Kerja Praktek Fakultas Teknik Universitas Majalengka Jilid 1: Majalengka.
Wallace, Catherine. (1992). Reading. Oxford: Oxford University Press.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Nur Aini, A. H., Seno, F. A., & Saputri, K. N. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ARSIP (Studi Kasus Kantor Kelurahan Cibubur): Rebuilding Archive’s Management Information System (Case Study In Cibubur Sub-District Office). Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 8(2), 37–41. https://doi.org/10.33084/restorica.v8i2.3633