Efektivitas Multimedia Center (MMC) Kalimantan Tengah Sebagai Media Informasi Perkembangan Provinsi Kalimantan Tengah di Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah

The Effectiveness of the Central Kalimantan Multimedia Center (MMC) as an Information Media for the Development of Central Kalimantan Province in the Central Kalimantan Province Coding Information and Statistics Communication Service (Diskominfosantik)

Authors

  • Srie Rosmilawati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/restorica.v5i1.6779

Keywords:

Efektivitas, Multimedia Center, Informasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif MMC Kalimantan Tengah sebagai media informasi pembangunan di Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan indikator efektivitas, termasuk: Komunikator, Pesan yang disampaikan, Komunikan, Konteks, dan sistem pengiriman. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa MMC Kalimantan Tengah sebagai media informasi pembangunan di Kalimantan Tengah belum efektif. Indikator menunjukkan ketidakefektifan MMC Kalimantan Tengah, yaitu indikator komunikan di mana tanggapan responden terhadap MMC cukup terbatas, karena kurangnya pengetahuan tentang MMC Kalimantan Tengah. Kemudian indikator konteks, indikator ini menemukan banyak masalah dan kekurangan, baik kekurangan internal maupun eksternal. Di sisi internal, kurangnya sumber daya manusia sehingga tidak memungkinkan MMC untuk bekerja secara optimal. Kemudian di sisi eksternal, infrastruktur minim, yang menghambat kinerja MMC dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat dan juga menghambat masyarakat dari akses informasi. Oleh karena itu, disarankan kepada MMC Kalimantan Tengah untuk lebih aktif dalam mensosialisasikan MMC Kalimantan Tengah kepada masyarakat, Mengoptimalkan kinerja dengan menjadi inovatif dan kreatif untuk menarik minat masyarakat dalam mengakses informasi yang disajikan oleh MMC Kalimantan Tengah. Mengusulkan pengadaan teknologi untuk meningkatkan kinerja dan kualitas MMC Kalimantan Tengah serta melengkapi penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk infrastruktur jaringan internet melalui Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Komisi IV

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.

Baksin, Askurifai. (2006). Jurnalistik Televisi Teori Dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, Hafied. (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, Onong Uchjana. (1998). Humas: Suatu Studi Komunikologis (Cetakan keempat). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gregory, Anne. (2004). Public Relations dalam Praktik (Edisi Kedua). Jakarta: Erlangga.

Jahi, Amri. (1998). Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-negara Dunia Ketiga. Jakarta: PT Gramedia.

Kadir, Abdul, & Terra Ch. Triwahyuni. (2005). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Marlina, Euis. (2009). Pengantar Teknologi Informasi.

Mulyana, Deddy. (2009). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, M.A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan, M.A. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & TV. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurudin. (2004). Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Olli, Helena. (2007). Berita & Informasi Jurnalistik Radio. Jakarta: PT Indeks.

Passante, Christopher K. (2008). Journalism. Jakarta: Prenada.

Rakhmat, Jalaludin. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations dan media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (Edisi Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2003). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Romli, Asep Syamsul M. (2007). Broadcast For Teen. Bandung: Nuansa.

Severin, Werner J., & James W. Tankard, Jr. (2005). Teori Komunikasi: Sejarah, metoda, dan terapan di dalam media massa (Edisi kelima). Jakarta: Kencana.

Umar, Husein. (2002). Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahyuni, Hermin Indah. (2000). Televisi dan Intervensi Negara: Konteks Politik Kebijakan Publik Industri Penyiaran Televisi Pada Era Orde Baru. Yogyakarta: Media Pressindo.

Published

2019-04-25

How to Cite

Rosmilawati, S. (2019). Efektivitas Multimedia Center (MMC) Kalimantan Tengah Sebagai Media Informasi Perkembangan Provinsi Kalimantan Tengah di Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah: The Effectiveness of the Central Kalimantan Multimedia Center (MMC) as an Information Media for the Development of Central Kalimantan Province in the Central Kalimantan Province Coding Information and Statistics Communication Service (Diskominfosantik). Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 5(1), 39–43. https://doi.org/10.33084/restorica.v5i1.6779